Pangdam XII/Tpr Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023

OKEBUNG|
Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan, S.E., M.M., mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 di Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Jalan Ahmad Yani, Kota Pontianak.

Kegiatan ini dihadiri para anggota Forkopimda Provinsi Kalbar serta para Kepala SKPD di lingkungan Pemprov. Kalbar, dan dipimpin langsung oleh Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum.

Selain itu personel TNI-Polri, ASN, organisasi kepemudaan, mahasiswa serta masyarakat juga turut serta dalam upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 tersebut. Adapun tema yang diusung kali ini, “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”.

Gubernur Kalbar H. Sutarmidji saat membacakan amanat Presiden RI, Joko Widodo mengatakan, Hari Lahir Pancasila memiliki makna penting bagi rakyat dan bangsa Indonesia, sehingga kita tidak hanya harus menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun sepatutnya kita turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, Sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia,” katanya.

Gubernur mengajak seluruh masyarakat Kalbar untuk terus menggelorakan semangat Pancasila dan berkomitmen bersama-sama untuk menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

‚ÄúTeruslah berkarya dan beraktivitas tanpa batas, kemajuan teknologi dan informasi jadikan sebagai sarana untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan Indonesia dalam membangun peradaban ke depan. Semoga Indonesia menjadi bangsa besar yang disegani dunia dengan tanpa kehilangan jati dirinya, Pancasila,” tegasnya. (Pendam XII/Tpr)