Pangdam XII/Tpr Ziarah ke Makam Raja Tanjungpura

OKEBUNG|
Setelah mengunjungi satuan jajaran dan silaturahmi dengan Forkopimda Ketapang, Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan, S.E., M.M., dan Ketua Persit KCK Daerah XII/Tpr Ny. Beti Iwan Setiawan melaksanakan ziarah ke makam Raja Tanjungpura di Desa Tanjungpura, Muara Pawan, Ketapang.

Turut serta mendampingi Pangdam dalam ziarah diantaranya Danrem 121/Abw, Asops Kasdam XII/Tpr, Aster Kasdam XII/Tpr, Aslog Kasdam XII/Tpr, Kapendam XII/Tpr, Dandim 1203/Ktp serta para pengurus Persit KCK PD XII/Tpr.

Kedatangan Mayjen TNI Iwan Setiawan bersama rombongan disambut oleh Kordinator Juru Cagar Budaya Balai Pelestarian Makam Raja Tanjungpura Bapak Bajai dan Ibu Fardiah serta masyarakat setempat dan anak-anak sekolah.

Untuk diketahui, Kerajaan Matan atau yang lebih dikenal dengan Kerajaan Tanjungpura yang berasal dari kata “Tanjompura” merupakan kerajaan tertua di Kalimantan Barat yang berdiri sejak abad ke-8. Nama Tanjungpura sendiri saat ini digunakan oleh Kodam XII/Tpr dan Universitas Tanjungpura.

Kapendam XII/Tpr Kolonel Inf Ade Rizal Muharram mengatakan, kegiatan ziarah ke makam Raja Tanjungpura ini merupakan tradisi dari Kodam XII/Tpr setiap ada pergantian pucuk pimpinan.

“Selain untuk mendoakan, kegiatan ini juga untuk menghormati jasa-jasa para pendahulu kita, sesungguhnya bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pendahulunya,” kata Kapendam XII/Tpr.

Melalui kegiatan ziarah ini, lanjut kata Kapendam juga sebagai upaya untuk meneladani semangat perjuangan, nasionalisme dan patriotisme dari para pendahulu bangsa ini.

“Sebagai prajurit Tanjungpura dan selaku generasi penerus kita harus meneladani semangat perjuangan para Raja-Raja Tanjungpura ini,” pungkas Kolonel Inf Ade Rizal Muharram. (Pendam XII/Tpr)