Pangkostrad Resmikan Renovasi SDN Sinagar dan Buka Lahan Ketahanan Pangan Brigif R 13 Kostrad

Dispenad, Headline, Kostrad1049 Dilihat

OKEBUNG|
Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. resmikan renovasi SDN Sinagar dan pembukaan lahan Gedebong program ketahanan pangan Brigif Raider 13/Galuh Rahayu di Desa Sindangasih, Kecamatan Cikatomas, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Jumat (2/12/2022).

Pangkostrad didampingi Kaskostrad Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dan Pangdivif 1 Kostrad Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P., disambut langsung oleh Danbrigif Raider 13/Galuh Rahayu Kolonel Inf Jimmy T.P. Sitinjak.

Tiba di SDN Sinagar, Pangkostrad beserta rombongan disambut gembira oleh guru, murid dan warga sekitar.

TNI AD Khususnya Kostrad membantu dalam merenovasi bangunan rusak SDN Sinagar yang mana dalam pelaksanaannya dipimpin oleh Danbrigif Raider 13/Galuh Rahayu Kolonel Inf Jimmy T.P. Sitinjak.

Dalam sambutannya Pangkostrad menyampaikan, bahwa Keterbatasan anggaran negara di bidang pendidikan dan pelayanan publik, telah berimbas terhadap pengalokasian dana untuk perbaikan sarana dan fasilitas pendidikan. Hal ini dapat dilihat di beberapa daerah, terutama di pelosok-pelosok atau daerah pinggiran kota, banyak dijumpai sekolah-sekolah yang tidak layak pakai sehingga mengganggu aktifitas belajar siswa.

“Oleh karena itu, Kostrad sebagai ujung tombak TNI Angkatan Darat merasa terpanggil untuk berperan aktif dengan sesama komponen bangsa lainnya berusaha untuk membantu mengatasi kesulitan rakyat. Karena Kostrad sebagai satuan Non Kowil mengemban fungsi pembinaan teritorial terbatas guna mendukung tercapainya tugas pokok TNI AD dalam melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat,” kata Pangkostrad.

Hal tersebut kita wujudkan dengan meresmikan SDN Sinagar yang sudah di renovasi berupa bangunan dengan total 8 kelas dan 3 kamar mandi serta mengganti meja, kursi dengan yang baru. Pada kesempatan ini pula kita nanti akan meninjau pembuatan sumur bor di Kampung Bungursari yang prosentase pekerjaan sudah mencapai ±90 %. Diharapkan nantinya jika sudah selesai masyarakat penerima manfaat sumur bor ini ±1.543 KK/5.843 jiwa,” tambah Pangkostrad.

Dengan selesainya renovasi gedung sekolah SDN Sinagar dan beberapa fasilitas yang menunjang kepentingan masyarakat ini, Pangkostrad berharap dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat. Kelemahan kita dalam menggunakan suatu fasilitas adalah kurangnya perhatian terhadap pemeliharaan dan pengamanannya, oleh karena itu saya mengharapkan agar gedung sekolah dan fasilitas lainnya yang sudah dibangun ini dapat terus dipelihara sehingga memiliki usia pakai yang lebih lama.

Selain meresmikan renovasi SDN Sinagar, Pangkostrad juga memberikan tali asih kepada warga sekitar yang membutuhkan dan tas sekolah kepada murid SDN Sinagar.

Setelah meresmikan SDN sinagar, Pangkostrad beserta rombongan dan tamu undangan menuju ke Lahan Ketahanan Pangan Gedebong Kecamatan Cikatomas menggunakan kendaraan Atav.

Setibanya di lokasi ketahan pangan, Pangkostrad disambut gembira oleh kelompok tani yang siap menggarap lahan. Untuk tahap pertama 10 Ha, kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penanaman bibit jagung perdana oleh Pangkostrad dan rombongan serta tamu undangan.

Program Ketahanan Pangan Kostrad ini merupakan satu wilayah Satgas Cigataran yang terdiri dari Kebun Bagjanagara Kab. Tasikmalaya seluas 610 Ha, Kebun Bunter Kab. Ciamis seluas Lahan 150 Ha, Kebun Cisaruni Kab. Garut seluas 81 Ha dan Kebun Cimerak Kab. Pangandaran seluas 1.017 Ha sehingga total luas Ketahanan Pangan Brigif Raider 13/Galuh Rahayu seluas 1.858 Ha.

Turut dihadir dalam kegiatan diantaranya Sekda Kab. Tasikmalaya Bapak. M. Zein, Dandim 0612/TSM Letkol Inf Raden Henra Sukmadjibrata, S.I.P., Kapolres Tasikmalaya AKBP Heri Hariayanto, Ketua DPRD Kab. Tasikmalaya Bapak. Asofari, Kabiddisdik Kab. Tasikmalaya Bapak. Sera Sani Ferana, Danramil 1218/Cikatomas Letda Inf Agus dan aparatur daerah setempat. (Penkostrad).