Panglima Kostrad Hadiri Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2024

Kostrad, TNI AD803 Dilihat

Jakarta. Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Muhammad Saleh Mustafa menghadiri Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu Tahun 2024 di lapangan Taxy Way Echo Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (1/2/2024).

Apel yang dipimpin langsung oleh Pangdam Jaya/Jayakarta, Mayjen TNI Mohammad Hasan ini merupakan salah satu upaya mendukung kelancaran pesta demokrasi jelang hari pencoblosan 14 Februari 2024.

Dalam arahannya, Mayjen TNI Mohammad Hasan mengingatkan bahwa dibutuhkan konsentrasi tinggi dalam mengamankan jalannya Pilpres 2024 pada 14 Februari 2024.

“Maka saya tekankan kepada prajurit agar tingkatkan kewaspadaan guna mengantisipasi kemungkinan perkembangan situasi di wilayah masing-masing,” ujar Mayjen TNI Mohammad Hasan.

“Hindari sikap keraguan-raguan dan bertindaklah secara profesional dalam mengantisipasi setiap kecenderungan perkembangan situasi yang berpotensi mengganggu stabilitas keamanan dan merusaki jalannya proses demokrasi,” tambah Mayjen TNI Mohammad Hasan.

“Tetap memegang teguh netralitas jangan mudah terpengaruh dalam kepentingan politik praktis,” pungkas Mayjen TNI Mohammad Hasan.

Dalam kegiatan ini, Markas Besar (Mabes) TNI menyiapkan sebanyak 446.219 personel TNI di seluruh Indonesia dimana personel terssebut terdiri dari satuan Angkatan Darat, Laut dan Udara.

Angkatan Darat khususnya Kostrad mengirimkan prajurit terbaiknya terdiri sebanyak satu SSK Gabungan yang terdiri dari satu SST dari Yonif 328 Kostrad, satu SST dari Batalyon Arhanud 1 Kostrad dan satu SST dari Batalyon Kavaleri 1 Kostrad.

Setelah apel selesai, Pangkostrad mendampingi Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menyambangi satu-satu barisan TNI yang melakukan apel di kawasan Lanud Halim itu. Panglima TNI juga menyempatkan diri untuk mengecek sejumlah peralatan berupa Alutsista yang salah satunya alat pertolongan bencana, hingga kelengkapan personel.

Tak hanya itu melalui sambungan daring, Panglima juga mengecek seluruh personel pengaman Pemilu dari unsur TNI yang melaksanakan apel di luar Lapanga Taxy Way Echo, Landasan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

Salah satu Kodam yang dicek ialah Kodam Iskandar Muda. Agus menanyakan kesiapan pengamanan selama proses Pemilu. Masing-masing Kodam menyatakan bahwa TNI telah menyiapkan secara matang untuk melakukan upaya pengamanan Pemilu. Selain di Kodam Jayakarta, apel ini juga dilakukan secara serentak bersama seluruh Kodam lainnya yang ada di Indonesia.

Hadir langsung dalam apel tersebut Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali.

Kemudian Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) DKI Jakarta Bapak Arifin dan sejumlah pihak terkait lainnya. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P.