Panglima TNI Berangkatkan 555 Pajurit Yonif Raider 631/Antang

Puspen TNI844 Dilihat

OKEBUNG| Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., memberangkatkan 555 Prajurit Yonif Raider 631/Antang dengan Dansatgas Letkol Inf Dwi Harry Wibowo, S.E., M.Si. yang tergabung dalam Satuan Penugasan (Satgas) Pengamanan (PAM) Objek Vital Nasional (Obvitnas) PT. Freeport Indonesia, Kamis (30/3/2023).

Upacara pemeriksaan kesiapan operasi dan pemberangkatan berlangsung di Lapangan apel Mayonif Raider 631/Antang, Kota Palangka Raya. Satgas Yonif Raider 631/Antang dipimpin oleh Letkol Inf Dwi Harry Wibowo, S.E., M.M.Si., akan menggantikan Satgas Yonif 405/Surya Kusuma yang sudah melaksanakan operasi pengamanan PT. Freeport Indonesia di Provinsi Papua, kurang lebih selama sembilan bulan.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dalam amanatnya menerangkan, PT. Freeport Indonesia telah ditetapkan sebagai objek vital nasional yang wajib dilindungi. Perusahaan ini memiliki nilai strategis karena menyangkut hajat hidup orang banyak dan merupakan sumber pendapatan Negara,”Sejak tahun 2018, pemerintah Indonesia telah resmi menjadi pemegang saham terbesar. Kepemilikan ini memberikan keuntungan yang besar bagi pemasukan kas negara dan juga bagi masyarakat Papua,” ucapnya.

Lebih lanjut, meskipun kondisi Papua secara umum saat ini relatif kondusif, namun di beberapa wilayah masih terjadi gangguan keamanan dari kelompok bersenjata. Termasuk daerah operasi yang akan ditempati nantinya,”Oleh karena itu TNI harus hadir untuk membantu pemerintah, dalam upaya percepatan pembangunan kesejahteraan di wilayah Papua,”tegas Panglima TNI.

Panglima TNI mengatakan, bahwa melaksanakan tugas operasi adalah suatu kehormatan dan kebanggaan bagi setiap prajurit TNI. Untuk itu, agar seluruh personel yang tergabung dalam Satgas agar melaksanakan amanah dengan sebaik-baiknya, karena selama 9 bulan penugasan bukanlah tanggung jawab yang ringan, ‚ÄúDinamika dan ancaman di daerah operasi membutuhkan kesiapsiagaan secara terus menerus. Saya sangat yakin dan percaya kalian semua mampu menjawab kepercayaan dan amanah besar ini dengan sebaik-baiknya,”pungkass Panglima TNI.

Turut hadir pada acara tesebut, yaitu Asintel Panglima TNI, Asops Panglima TNI, Danrem 102/Panju Panjung, Gubernur Kalteng, Kapolda Kalteng, Kajati Kalteng, Wakil Ketua I DPRD Prov. Kalteng, Waasops Kasad Bid. Siapops, Kabagops Binda Kalteng, Dansat Brimob Polda Kalteng, para Kasi dan Komandan Kodim jajaran Korem 102/Panju Panjung dan Walikota Palangka Raya.