Para Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan Lakasnakan Sosialisasi Perekrutan Komcad Diwilayah Masing-masing

Korem 02219 Dilihat

Asahan  |  pelaksanaan sosialisasi kepada masyarakat ini  bertujuan  dalam rangka mengenalkan tentang pembentukan Komponen cadangan untuk menghadapi perkembangan ancaman yang makin beragam dan kian kompleks, maka untuk menghadapinya  Negara Republik Indonesia perlu menata kembali kekuatannya. Untuk memberikan pemahaman tentang rencana perekrutan komponen cadangan (Komcad) matra darat tahun 2023, dalam hal ini seperti yang dilakukan oleh para Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 11/Simpang Empat jajaran Kodim 0208/Asahan dalam rangka penyebarluasan, sosialisasi penerimaan Komcad di wilayah Kodam I/BB dengan sasaran di Desa Anjung Ganjang Dusun l Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan, Rabu (18/01/2023).

Dalam konteks pertahanan negara, permasalahan ini tidak cukup ditangani hanya dari aspek kekuatan utama Militer saja, untuk membangun ketahanan Nasional setidaknya ada 3 (tiga) pilar yang harus saling terkait yaitu Pemerintahan, Rakyat, dan Militer, bahwa ketiga pilar tersebut di jalin dalam simpul untuk memperkuat sebuah Negara. Pemerintah dengan rakyat diikat dengan simpul ideologi. Ideologi adalah sebuah harapan yang dibangun bersama secara sadar yaitu dengan memberikan kemampuan melalui pendidikan dan latihan agar dapat melaksanakan tugas pertahanan Negara atau yang disebut Bela Negara.

Mengintegrasikan kekuatan pengganda yang berasal dari komponen cadangan dan komponen pendukung ke dalam organisasi kekuatan pertahanan Negara. “Untuk itu, keberadaan Komando Daerah Militer sebagai bagian dari kekuatan TNI AD berperan penting dalam menyelenggarakan tugas dan fungsi Kemhan, terutama dalam menyiapkan komponen cadangan di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya.

Diharapkan setelah kegiatan ini bapak dan saudara saudara sekalian agar  mensosialisasikan kepada masyarakat luas terutama kepada tetangga maupun rekannya. Sosialisasi juga akan dilakukan kewilayah-wilayah binaan dan akan dilakukan secara masif oleh para Babinsa jajaran Kodim 0208/Asahan.