Pastikan PSU Aman, Kapolresta Magelang dan Dandim 0705 Kunjungi TPS

OKEBUNG | Kapolresta Magelang, Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Mustofa  memantau langsung pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 011 Desa Mangunsari, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Minggu (18/2/2024) pagi.

Selain Kapolresta Magelang, Komandan Kodim 0705/Magelang Letkol Inf Jarot Susanto juga ikut turun ke TPS tersebut bersama Wakapolresta Magelang AKBP Roman Smaradhana Elhaj, anggota KPU Provinsi Jawa Tengah Divisi Perencanaan dan Logistik Basmar Periyanto Amron dan Ketua KPU Kabupaten Magelang Ahmad Rofiq.

Sementara itu, pantauan media berita militer okebung.com di lokasi, rombongan Kapolresta Magelang bersama Dandim 0705/Magelang tiba di lokasi TPS 011 sekitar pukul 10.29 WIB langsung melihat secara dekat warga yang datang ke TPS untuk melakukan pencoblosan ulang. Ini juga bagian dari monitoring sekaligus memantau situasi TPS selama proses PSU berlangsung.

Menurut Kombes Pol Mustofa di lokasi TPS 011 Mangunsari, terkait pelaksanaan PSU di wilayah hukum Polresta Magelang ada tiga kecamatan yang melaksanakan PSU hari ini Minggu (18/2/2024) serentak.

Agar pelaksanaan PSU ini. pihak Polresta Magelang kata Kombes Pol Mustofa, telah menerjunkan pengamanan gabungan sebanyak 151 personel dengan didukung 36 personel TNI dari Kodim 0705/Magelang ditambah 122 personel BKO dari Satuan Brimobda Polda Jawa Tengah Rayon Kedu Raya.

“Hari ini ada 3 TPS di 3 Kecamatan wilayah hukum Polresta Magelang yang melaksanakan PSU. TPS ini berada di Kecamatan Sawangan, Candimulyo dan Kecamatan Muntilan,” kata Kombes Pol Mustofa.

Dikatakan oleh Kapolresta, alasan diadakannya PSU ini antara lain adanya keberadaan pemilih luar daerah yang tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). Namun memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan meminta untuk memberikan suara di TPS tersebut.

Selain itu, serta kesalahan lain yakni adanya petugas KPPS keliru dalam pemberian surat suara kepada pemilih.

Sementara itu, Dandim 0705/Magelang, Letkol Inf Jarot Susanto menambahkan bahwa kedatangannya bersama Kapolresta ke TPS-TPS yang menyelenggarakan PSU untuk memastikan bahwa pelaksanaan PSU berjalan aman dan lancar.

“Kami datang ke TPS penyelenggara PSU hanya memastikan bahwa tidak ada kendala. PSU bisa berlangsung aman dan lancar. Itu saja. Kita juga ingin memberi kenyamanan keamanan masyarakat saat datang ke TPS,” tegas Letkol Inf Jarot Susanto. (Muiz)