PEDULI TERHADAP PERKEMBANGAN PERTANIAN DI WILAYAH, BABINSA 09/IV KOTO DAMPINGI PETANI CABE

OKEBUNG|
Babinsa Koramil 09/IV Koto Kodim 0304/Agam, Serma Efrijon melaksanakan kegiatan Inovatif dalam rangka P3MP (Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif) dibidang pertanian tanaman Cabe. di Jorong Koto Gadang Nagari Koto Gadang Kecamatan IV koto, Kabupaten Agam. Senin (14/11/2022).

Kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif bekerja sama dengan masyarakat binaan bapak Adimar, memiliki luas lahan 30×40 M.

Bagi sebagian petani, budidaya Cabe menjadi prospek yang menguntungkan. Hal ini ditentukan dengan permintaan Cabe yang tidak pernah surut. Selain dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan komoditas pokok pasar, Cabe juga memiliki potensi untuk diolah dengan berbagai olahan yang memiliki nilai jual tinggi.

Membudidayakan Cabe memiliki pangsa pasar yang luas dan terus dibutuhkan. Menjadi bahan pokok yang dibutuhkan untuk berbagai macam kuliner atau masakan.

Lahan tersebut saat ini sudah ditanami Cabe, dengan mamusiki usia tanaman sudah 60 hari dan kegiatan sekarang sedang melakukan penyemprotan, pembersihan rumput-rumput dan juga pengecekan perkembangan Cabe.

Serma Efrijon mengatakan, tujuan dari perawatan ini adalah agar tanaman Cabe bisa tumbuh normal tanpa ada saingan atau sejenis parasit yang merugikan dan agar petani dapat meningkatkan mutu serta hasil panen yang nantinya dapat menunjang perekonomiannya.

“Dengan turut membantu petani dalam bercocok tanam, diharapkan petani dapat termotivasi dan selalu semangat serta rajin dalam mengolah lahan pertanian, sehingga hasil panen meningkat dengan maksimal,” ungkapnya.