Pelihara Kenyamanan Ramadhan, Polsek Ngluwar Sosialisasi Penyakit Masyarakat

OKEBUNG | Polsek Ngluwar, Polresta Magelang melalui Bhabinkamtibmas-nya terus melakukan sosialisasi pencegahan penyakit masyarakat agar ketertiban dan keamanan masyarakat selama bulan Ramadhan hingga lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah, berjalan kondusif.

Seperti yang dilakukan di Desa Somokaton, Kecamatan Ngluwar pada Rabu (20/3/2024) pagi. Dimana, anggota Bhabinkamtibmas melaksanakan sosialisasi pemeliharaan Kamtibmas Ramadhan di Balai Pertemuan Desa Somokaton. Acara ini dihadiri Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat dan Relawan Desa Somokaton sebanyak 35 orang.

Kapolsek Ngluwar, AKP Muhammad Hony Zulqirom mengatakan bahwa pihaknya melalui Bhabinkamtibmas terus melakukan sosialisasi komunikasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai larangan penggunaan petasan, balon udara, minuman keras, perang sarung, judi dan pelanggaran hukum lain.

“Terkait larangan itu, kami dari Polsek Ngluwar terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Terutama du bulan Ramadhan ini agar perayaan ibadah Ramadhan berlangsung khusyuk,” kata Kapolsek Hony, Rabu (20/3/2024).

Pada kesempatan tersebut, Kapolsek Hony juga mengatakan jika Bhabinkamtibas juga menyosialisasikan rawan bencana Kabupaten Magelang tahun 2024. Sosialisasi bencana ini dimaksudkan karena akhir-akhir ini cuaca tidak menerima sehingga sewaktu-waktu bisa saja terjadi bencana.

Sementara itu, sosialisasi yang berlangsung di Desa Somokaton tersebut, Bhabinkamtibmas menekan bahwa tawuran antar remaja berkedok perang sarung. Masyarakat agar tidak mengedar, membuat obat mercon serta menyalakan demi kenyamanan bulan Ramadhan.

“Bagi yang mengedar, membuat dan menyalakan mercon bisa diancam pidana 20 tahun penjara,” kata Bhabinkamtibmas.

Bhabinkamtibmas Polsek Ngluwar ini juga mengingatkan masyarakat untuk menjauhi Narkoba. Terlebih saat ini angka penyalahgunaan Narkoba di Kabupaten Magelang, tinggi. Tak itu saja, juga disampaikan larangan menerbangkan balon udara.

“Saat ini Polresta Magelang juga gencar melaksanakan Operasi Pekat dengan sasaran penyakit masyarakat Miras, Perjudian dan Peredaran Obat Mercon,” jelas Bhabinkamtibmas. (Muhiz)