Pemukulan Gong dan Penandatanganan Serta Penyerahan Naskah Menutup Secara Resmi TMMD 115 Kodim 1609/Buleleng

Kodam Udayana540 Dilihat

BULELENG|
TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 Tahun 2022 yang digelar Kodim 1609/Buleleng Korem 163/WSA Kodam IX/Udayana di wilayah Desa Giri Emas,Kec Sawan,Kab Buleleng,secara resmi hari ini ditutup,Rabu 09 Nopember 2022 pukul 09.10 Wita bertempat di Aula Makodim 1609/Buleleng Jalan Gajah Mada No. 142 Singaraja, Kelurahan Banjar Jawa Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng .

Upacara penutupan TMMD berthema “Dedikasi Terbaik Membangun NKRI” dipimpin langsung Kasiter Kasrem 163/WSA Kolonel Inf Hari Sandhi Chrishandoko, S.Sos,dan Perwira Acara Pgs. Dan Unit Intel Kodim 1609/Buleleng Letda Inf Chris Pelris Patah yang dihadiri oleh +- 60 orang.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kasiter Kasrem 163/WSA Kolonel Inf Hari Sandhi Chrishandoko, S Sos, Pj. Bupati Buleleng diwakili Kadis PMD Kabupaten Buleleng Nyoman Agus Jaya Supena, S.E,Ketua DPRD Kabupaten Buleleng diwakili Wakil Ketua 1 I Ketut Susila Umbara, S.H,.
Kapolres Buleleng diwakili Wakapolres Kompol Yusak Agustinus Sooai, S.I.K,Kajari Buleleng diwakili Kasi Intel Anak Agung Ngurah Jayalantata, S.H., M.H, Kepala pengadilan Buleleng Ibu Heriyanti, S.H., M.Hum,Dinas Dukcapil diwakili Bapak Dewa,Kadis Sosial Kabupaten Buleleng I Putu Kariaman Putra, S.Sos, M.M,Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kab. Buleleng, Made Suparma, S.Pt,Dinas pengendalian Penduduk Kabupaten Buleleng diwakili Ibu Kadek Dami,Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng diwakili Kadek Suwitra,BNN Kabupaten Buleleng diwakili Putu Artana,RRI Singaraja diwakili Ida Ketut Parta, S.Sos, Diskes Diwakili Kabid P2 Gede Artamawan,Pimpinan Maha Surya Singaraja Gusti Putu Alit,Dinas Ketahanan Pangan diwakili Ida Bagus Wirama,Kesbangpol Buleleng diwakili Gusti Ngurah Arimbawa,BPN Buleleng diwakili Putu Sujasna.

Kemudian hadir dari Dinas Perindag Kabupaten Buleleng diwakili Sekretaris Ariston,Camat Sawan diwakili Kasi Ketut Widana, Pimpinanan Mandiri Taspen Purnayasa,
Bank Woori Saudara diwakili Laksana,
Kelian Adat Giri Emas,Perbekel Giri Emas Wayan Saputra,Relawan BSC Buleleng Kadek Ariani,STIKES Buleleng,PPM Buleleng,dari PDAM Buleleng diwakili Bapak Adi,BRI cabang Singaraja Ibu Erni dan Para Prajurit TNI AD, TNI AL dan TNI AU.

Pada kesempatan tersebut Pgs. Pasiter Kodim 1609/Buleleng Kapten Inf Putu Suratnya membacakan laporan hasil pelaksanaan TMMD ke 115 TA 2022.

Pasiter mewakili Dandim menyampaikan bahwa untuk kegiatan fisik Pelebaran badan jalan dengan ukuran lebar dari 2 meter menjadi 6 meter dan panjang 1.940 meter, mencapai hasil 100%,Pengerasan dan betonisasi badan jalan dengan ukuran lebar 4 meter dan panjang 1.940 meter, mencapai hasil 100%,Pembuatan 3 buah gorong-gorong, mencapai hasil 100%: dan pembuatan senderan, mencapai hasil 100%.

Untuk kegiatan sasaran tambahan : bedah rumah sebanyak 4 unit mencapai 100% dan kegiatan non fisik tuntas semua berupa Penyuluhan Wawasan kebangsaan,Penyuluhan Pertanian, Penyuluhan HIV/AIDS, Penyuluhan Hukum dan Kamtibmas,Pelayanan KB Kes,Posyandu, Posbindu dan Stunting,Penyuluhan Bela Negara, Penyuluhan Narkoba,Lomba pidato bahasa Bali tingkat TK dan SD,Lomba nulis sastra Bali tingkat TK .

“Sebelum dilaksanakan TMMD terlebih dahulu digelar Pra TMMD Minggu II Agustus s.d. Minggu II Oktober 2022 dan pelaksanaan TMMD ke 115 tanggal 11 Oktober s.d. 9 Nopember 2022 bertempat di Desa Giri Emas Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng,”ungkap Pasiter.

Dalam kegiatan tersebut melibatkan
150 orang personel Tiga Matra (TNI AD, TNI AL dan TNI AU), unsur pendukung dari masyarakat di lokasi obyek TMMD dan bantuan sukarela, organisasi/Golongan dan untuk Alokasi dari Mabes TNI sebesar : Rp. 483.500.000,Alokasi anggaran dari Pemda dalam bentuk BKK sebesar : Rp. 1.800.000.000,- (kegiatan fisik Rp. 1.307.565.872,67,-, dan kegiatan non fisik Rp. 492.434.127,33,-).

Upacara penutupan ditandai dengan Penandatanganan Naskah dan penyerahan Naskah hasil pelaksanaan TMMD ke -115 TA 2022 disaksikan oleh pimpinan Acara dan Pemukulan Gong oleh Pimpinan Acara didampingi unsur Forkopimda Kabupaten Buleleng

Amanat Pangdam IX/Udayana yang dibacakan oleh pimpinan acara menyampaikan bahwa Program TMMD merupakan salah satu upaya untuk memberdayakan masyarakat dan desa dengan membangun/merehabilitasi sarana/prasarana wilayah serta fasilitas sosial/umum yang secara langsung dapat menyentuh kepentingan masyarakat.

Disamping itu,Program TMMD juga untuk membantu pemerintah memberdayakan wilayah serta meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah untuk mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh guna memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Apa yang saya sampaikan sesuai dengan tema yang diangkat pada TMMD Ke115, yaitu “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI”.

Kegiatan TMMD yang diselenggarakan selama 1 (satu) bulan mulai tanggal 11 Oktober sampai dengan 9 November 2022 ini melibatkan semua komponen bangsa,serta menurunkan 600 Prajurit TNI yang tersebar di 4 Kabupaten/ Kota seBali-Nusra.

Kegiatan ini diharapkan dapat menggelorakan kembali semangat gotong royong dan sebagai momentum untuk berpartisipasi dalam membantu pemerintah memutus rantai penyebaran Covid-19 yang sampai saat ini masih kita rasakan dampaknya.

Berbagai sasaran kegiatan yang telah dilaksanakan dalam TMMD Ke-115 TA 2022 terdiri dari sasaran fisik dan non fisik. Sasaran fisik yaitu pembangunan infrastruktur baik fasilitas Umum, maupun sosial. Sedangkan sasaran non fisik berupa kegiatan penyuluhan/sosialisasi berbagai materi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Pada kesempatan ini,Pangdam IX/Udayana selaku Pengendali Kegiatan Operasional TMMD mengucapkan terima kasih kepada Pemda, Prajurit TNI dan Polri serta seluruh masyarakat yang turut berpartisipasi menyukseskan kegiatan TMMD ini. Selanjutnya, mewakili seluruh Prajurit TNI dan Polri, saya menyampaikan permohonan maaf apabila selama pelaksanaan TMMD ada tutur kata, tindakan maupun perbuatan
Prajurit yang kurang berkenan di hati masyarakat.

Dan ada beberapa penekanan perlu saya sampaikan setelah pelaksanaan TMMD ini agar menjadi perhatian bersama, yaitu:

Pertama, Pertahanan semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI-Rakyat, selalu hadir di tengah-tengah dengan membantu menyelesaikan permasalahan Serta memberikan kontribusi untuk kesejahteraan
masyarakat. Jangan mudah terhasut ataupun terprovokasi oleh pihak manapun yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa serta keutuhan wilayah NKRI.

Kedua, pelihara hasil program TMMD ke115, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang serta adakan perawatan bersama masyarakat di wilayah secara mandiri dan swadaya.

Ketiga, Kepada para Dansatgas, lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada TMMD mendatang

Keempat, Dengan selesainya kegiatan ini kepada para prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD agar segera kembali ke induk pasukan masing-masing dan perhatikan faktor keamanan selama perjalanan serta tetap jalin komunikasi dengan masyarakat.

Usai upacara penutupan kemudian Kadis PMD, I Nyoman Agus Jaya Sumpena.S.E,Pasiter Kodim Buleleng Kapten Inf Made Suratnya dan Perbekel Desa Giri Emas Wayan Saputra mengecek seluruh sasaran fisik TMMD 115 Kodim Buleleng.

Disela peninjauan Kadis PMD apresiasi dengan hasil kerja Satgaa rapi,bagus sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan masyarakat.”Jalan yang dibangun saat ini sudah bisa dimanfaatkan warga dan juga dapat memperlancar akses transfirtasi, “sebut Kadis PMD.

Kodim Buleleng