Pendampingan Hanpangan, Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan Bantu Petani Panen Ubi Kayu

Kodam 1 BB6 views

Asahan  |  Singkong atau ketela pohon merupakan tanaman yang memiliki karbohidrat yang cukup tinggi sehingga dapat digunakan sebagai alternatif pengganti beras. Ketela pohon merupakan umbi-umbian yang kaya kalori dan mengandung banyak karbohidrat serta mineral. Selain itu, singkong juga sumber vitamin C, tiamin, riboflavin, dan niasin yang baik. Bukan cuma akarnya, daun singkong juga bisa dimasak dan dikonsumsi, karena mengandung protein hingga 25 persen.

Dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 14/Bandar Pasir Mandoge jajaran Kodim 0208/Asahan Sertu Jonni Tanjung turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan pendampingan  ketahanan pangan (Hanpang) jenis tanaman ubi kayu untuk membantu masyarakat yang siap panen,  guna tercipta  kerja sama yang baik antara Babinsa dan petani sehingga terjalin hubungan dimana TNI selalu berada ditengah tengah rakyat, bersama dengan Bapak Sunarto dan Ibu Sumarni, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Dusun VII Desa Bandar Pasir Mandoge Kecamatan Bandar Pasir Mandoge Kabupaten Asahan, Rabu (26/06/2024).

Pada kesempatan tersebut Babinsa Sertu Jonni Tanjung menyampaikan kepada para petani, hasil singkong dapat di manfaatkan sebagai bahan pangan pokok dan bisa dijual ke pasar sebagai bahan cemilan lainnya. “Tanaman ketela pohon itu tidak banyak membutuhkan udara, sehingga dapat digunakan sebagai makanan alternatif penganti beras, dan juga bisa dibuat untuk makanan cemilan,” ujarnya.

Babinsa Sertu Jonni Tanjung juga menyampaikan bahwa pendampingan Babinsa kepada petani terus dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan swasembada dan ketahanan pangan diwilayah dan memberikan motivasi kepada para petani dalam meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian para petani di Desa binaan.

Bapak Sunarto selaku pemilik kebun mengatakan, daun ubi bisa dimanfaatkan untuk sayur dan singkongnya bisa dijual sebagaian untuk di makan sebagai penganti makanan pokok, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan. Semoga tanaman singkong yang dipanen ini dapat memperoleh hasil bagus dari tahun kemarin. Sehingga selain bisa untuk konsumsi sendiri, hasilnya juga bisa untuk di jual ke pasar, guna memenuhi tambahan pemasukan guna memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. “Terima kasih Babinsa yang sudah mendampingi, membimbing kami dari mulai pengaadaan bibit, olah lahan, pemupukan, perawatan sampai panen pun selalu mendampingi kami para petani, sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Babinsa yang selalu hadir di tengah tengah petani dan Masyarakat, kami bangga dengan Babinsa,” tuturnya.