Penuhi Atensi Petani Soal Perairan, Babinsa Babahrot Bantu Pengecoran Talut

Kodam IM16 Dilihat

OKEBUNG– Babinsa Koramil 07/Babahrot Kodim 0110/Abdya Sertu Sugeng Riadi gotong royong bersama warga mengecor saluran talut sepanjang 100 meter di pesawahan Desa Cot Sumantok Kecamatan Babahrot, Selasa (22/11/2022).

Pembangunan talut untuk penahan saluran perairan itu bersumber dari anggaran dana desa setempat.

Dikonfirmasi terpisah, Danramil Babahrot Kapten Inf Edi Mailiswar menyebutkan aksi anggotanya tersebut merupakan bagian dari Bhakti TNI, tujuan hakikatnya untuk membantu mengatasi kesulitan rakyat.

Danramil mengatakan fungsi talut pada saluran perairan sangat vital terhadap program pertanian. Kondisi perairan tersebut sebelumnya sering tersumbat karena longsoran tanah. Akibatnya, estafet pasokan air ke pesawahan jadi terkendala.

“Atas dasar itu anggota kita hadir di lapangan, untuk membantu sekaligus memastikan pembangunan talut yang diminta petani terealisasi,” ujarnya.

Lanjutnya Danramil mengimbuhkan, sesuai hasil musyawarah desa pembangunan talut itu digenjot usai kegiatan panen. Targetnya sebelum musim tanam tiba, beton talut itu telah siap digunakan menyalurkan pasokan air untuk kebutuhan bajak sawah.

“Kita berharap atensi para petani ini terealisasi sesuai target, agar program ketahanan pangan di wilayah kita dapat terus ditingkatkan, sehingga taraf ekonomi para petani pun jadi semakin meningkat,” singkatnya.