Peran Babinsa Dalam Pencegahan Stunting Bersama Bidan dan Kader Posyandu

Kodam IM22 Dilihat

Aceh Timur – Mewaspadai dan untuk Cegah Stunting, Babinsa Koramil 05/Idi Rayeuk Kodim 0104/Aceh Timur Sertu Abdullah bersama Bidan Desa Lhok Asahan, ibu Misra Jelita, Amd.Keb. dan Kader Posyandu Keulam Seulanga melaksanakan kegiatan pendampingan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Balai Posyandu Desa Lhok Asahan, Kecamatan Idi Timur, Kabupaten Aceh Timur, Selasa (17-01-2022).

Posyandu merupakan kegiatan kesehatan yang diselenggarakan oleh bidan desa kepada masyarakat dibantu oleh petugas kesehatan dari puskesmas dengan tujuan meningkatkan pelayanan kesehatan dan gizi balita serta untuk menekan angka kematian bayi lima tahun (balita) dan ibu hamil serta upaya pencegahan stunting.

Babinsa Desa Lhok Asahan Sertu Abdullah menyampaikan, bahwa tujuan kegiatan ini adalah mengecek secara langsung kepada anak-anak terutama balita yang terganggu perkembangannya untuk diberikan asupan gizi dan pelayanan kesehatan yang baik agar tidak berlarut-larut sehingga tidak berakibat Stunting ” jelas Babinsa.

“Untuk mencegah stunting perlu diadakan sosialisasi kembali terutama kepada ibu-ibu hamil, karena stunting sendiri bukan berdasarkan faktor keturunan tapi adanya kekurangan asupan gizi sejak bayi di dalam kandungan” lanjutnya.

Dalam kegiatan tersebut Bidan Desa Lhok Asahan, Misra Jelita, Amd.Keb. mengatakan, “Kami mengucapkan terima kasih kepada Babinsa bersama tim Kader Posyandu karena telah datang langsung mengecek balita yang perkembangannya tidak sesuai dengan usianya agar tidak berakibat Stunting, semoga di wilayah Desa Danaraja anak-anak balita dapat berkembang dan tumbuh secara sehat, sehingga anak-anak di Desa Lhok Asahan Zero Stunting”, ucap Misra.

Pada kegiatan posyandu yang diselenggarakan oleh bidan desa dan kader posyandu meliputi penimbangan balita, pengukuran tinggi badan balita, pemberian makanan tambahan gizi dan pemberian vitamin A untuk balita serta pemeriksaan ibu hamil.