Peran Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan Dalam Mendukung Ketahanan Pangan Melalui Pendampingan Perawatan Ubi Kayu/Singkong

Asahan  |  Hasil produksi tanaman ubi kayu atau singkong biasanya dijadikan olahan pangan karena kandungan karbohidratnya yang tinggi, sedangkan daunnya biasa gunakan untuk bahan sayuran, sebagai Babinsa harus selalu melakukan pendampingan kepada para warga, khususnya petani yang ada di wilayah teritorialnya untuk bercocok tanam dalam rangka meningkatkan kualitas hasil panen yang mereka dapat, dalam kesempatan ini seperti halnya yang dilakukan oleh Persoel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 06/Kisaran jajaran Kodim 0208/Asahan Sertu Edi Yudika turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan pendampingan ketahanan pangan di lahan Singkong/Ubi milik Bapak Iwan (47), kegiatan tersebut yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto Kelurahan Kedai Ledang Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan, Sabtu (03/02/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu membersihkan rumput liar yang tumbuh disekitar lahan agar tanaman dapat tumbuh berkembang dengan baik serta mendapat hasil panen yang lebih baik, keikut serta dampingi petani ubi kayu/singkong yang ada di wilayah binaannya. Kali ini, kehadiran Babinsa dan para petani ubi kayu/Singkong yang ada di wilayah binaan selain menberikan pendampingan, juga ikut membersihkan lahan tersebut dari hama gulma dan rumput. Babinsa mengatakan Singkong atau ubi kayu merupakan produksi hasil pertanian pangan ke dua terbesar setelah padi, sehingga singkong mempunyai potensi sebagai bahan baku yang penting bagi berbagai produk pangan dan industry, terangnya.

Saya membantu salah satu warga binaan yang sedang merawat tanaman miliknya, kami membersihkan tanaman dari rumput liar yang tumbuh diseputaran lahan dan dapat menggangu proses pertumbuhan tanaman singkong. Dengan memonitoring tanaman milik petani oleh Babinsa dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan dan kesuburan tanaman serta mewaspadai terhadap penyebaran hama terhadap tanaman ubi kayu/singkong. Dalam kegiatan mengelola lahan, Babinsa membantu warga binaannya, Mereka memberikan bimbingan, Dukungan teknis dan arahan dalam proses persiapan lahan perkebunan kepada warga binaannya.

Menunjukkan bahwa kedatangannya tidak hanya untuk menjalin hubungan baik (silahturrahmi) tetapi juga memberikan dorongan semangat dan motivasi kepada para petani di wilayah binaannya, Upaya ini bertujuan untuk mendorong semangat dan motivasi para petani agar lebih giat dalam bekerja, Katanya.