Pererat Silaturahmi, Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan Laksanakan Komsos Bersama Peternak Ikan Nila

Tanjung Balai  |  Peran Babinsa sangat penting dalam mendukung keberhasilan peternakan ikan nila serta memperkuat hubungan antara peternak dan masyarakat di sekitarnya, berdasarkan informasi yang diperoleh, pemeliharaan Komunikasi Sosial Babinsa berperan dalam memelihara komunikasi sosial dengan peternak ikan nila dan masyarakat sekitar. Hal ini termasuk berkomunikasi secara teratur untuk memperkuat hubungan, memahami kebutuhan, serta memberikan dukungan yang diperlukan. Pengawasan dan Pendampingan Lokal Babinsa melakukan pengawasan terhadap kondisi lokal di sekitar area peternakan ikan nila. Mereka juga memberikan pendampingan serta bimbingan kepada peternak terkait dengan berbagai aspek, seperti teknologi, pemasaran, dan pemberdayaan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut seperti halnya yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 08/Pulau Buaya jajaran Kodim 0208/Asahan Sertu HM Pasaribu turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Puanter dalam rangka melakukan Pendekatan kepada masyarakat peternak Kolam ikan Nila untuk meningkatkan perekonomian, Babinsa mengajak agar tetap semangat untuk memenuhi kebutuhan masing-masing dgn jerih payah sendiri bersama dengan Bapak Rizal Peternak Ikan Nila, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Jalan Lingkar Kecamatan Teluk Nibung Kota Tanjung Balai, Rabu (13/03/2024).

Pada kesempatan tersebut Babinsa Sertu HM Pasaribu menuturkan bahwa kegiatan yang di laksanakan ini sudah menjadi kewajiban bagi seorang Babinsa dalam upaya pencapaian swasembada pangan dan masyarakat yang produktif dan menjadi ajang silaturahmi antara Babinsa dengan warga desa binaan. Kehadiran kami sebagai Babinsa diharapkan menjadi solusi apa bila mendapati suatu permasalahan di desa serta memotivasi kepada para petani ikan untuk meningkatkan hasil produksi usahanya, terangnya.

Pemberian Informasi untuk Kesadaran Situasional Babinsa memberikan informasi kepada peternak ikan nila dan masyarakat sekitar untuk meningkatkan kesadaran akan berbagai hal penting seperti teknologi pemasaran, dukungan terhadap Inisiatif Komunitas Babinsa mendukung inisiatif komunitas yang terkait dengan peternakan ikan nila, seperti penerapan teknologi, strategi pemasaran, dan program pemberdayaan masyarakat.