Peringatan Hari Bela Negara, Satgas Yonkav 6/Naga Karimata Sosialisasikan Wawasan Kebangsaan di Perbatasan

Sektor Barat, NTT – Peringati Hari Bela Negara, jajaran satgas Yonkav 6/Naga Karimata melaksanakan sosialisasi bela negara untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapan masyarakat dalam menghadapi ancaman terhadap Keamanan dan Kedaulatan negara (20/12/23).

Dalam rangka peringatan Hari Bela Negara, satgas Yonkav 6/Naga Karimata melaksanakan sosialisasi Bela Negara di seluruh pos perbatasan RI RDTL. Hal ini bertujuan untuk membangun semangat nasionalisme dan cinta tanah air di perbatasan RI RDTL sektor barat. Hal ini penting karena kesadaran akan pentingnya bela negara tidak hanya menjadi tugas TNI, namun juga tugas seluruh masyarakat Indonesia.

Dalam sosialisasi bela negara, satgas Yonkav 6/Naga Karimata juga memberikan pemahaman tentang pentingnya mempertahankan kedaulatan negara, baik melalui konflik militer maupun ancaman non-militer seperti terorisme, radikalisme, dan penyebaran ideologi yang bertentangan dengan pancasila. Dalam sosialisasi ini juga memberikan pemahaman tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara, serta mengajak masyarakat untuk aktif berperan dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara.

Dansatgas Yonkav 6/Naga Karimata, Mayor Kav Ronald Tampubolon,S.H. juga mengatakan “Sosialisasi bela negara akan dilakukan secara terus menerus, diharapkan masyarakat dapat lebih paham dan siap menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi oleh negara. Hal ini juga dapat menjadi benteng diri bagi masyarakat dari pengaruh-pengaruh negatif yang dapat membahayakan keutuhan negara.” (Yonkav 6/NK)