Peringati Hari Air Dunia 2024, Dandim Kulonprogo Tanam Pohon

OKEBUNG | Dandim 0731/Kulonprogo Letkol Arh Viki Herwandi bersama Forkopimda Kabupaten Kulonprogo dan pejabat OPD terkait melakukan penanaman pohon di Lingkungan BBWSSO area Kolam Retensi DAS Serang YIA Keboan, Karangwuni, Wates, Selasa (5/3/2024).

Penanaman pohon ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Air Dunia ke-32 tahun 2024.

Kabid Operasi dan Pemeliharaan BBWSSO, Antiyarsa Ikana Dani mengemukakan bahwa penanaman pohon ini untuk memperingati Hari Air Dunia. Sekaligus mengingatkan pentingnya penghijauan dan ruang terbuka hijau di daerah sumber daya air. Pasalnya, melalui penghijauan akan memberikan kualitas dan kuantitas air bagi masyarakat.

“Yang kita tanam di Kolam Retensi YIA sebanyak 150 pohon terdiri Alpukat, Kelapa Kopyor, Mangga, Nangka dan pohon bermanfaat lainnya,” katanya.

Sementara itu, Dandim 0731/Kulonprogo Letkol Arh Viki Herwandi mengungkapkan, atas nama Forkopimda Kulonprogo, telah mengapresiasi kegiatan oenghijauan ini.

“Kita sadari pentingnya air dan pohon bagi kehidupan. Ini harus menjadi perhatian kita bersama karena merupakan kebutuhan paling pokok. Terima kasih atas inisiasi kegiatan ini dan semoga bisa ditindaklanjuti di wilayah Kulonprogo yang lain,” kata Dandim Kulonprogo.

Lain lagi dengan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak Dr. Gatut Bayuaji mengatakan Kolam Retensi DAS Serang YIA merupakan salah satu pengendali banjir Bandara YIA. Bandara YIA diapit dua sungai besar yakni Bogowonto dan Serang sehingga perlu dibuatkan proteksi pengendali banjir.

“Sungai Serang kita proteksi dengan pembangunan Kolam Retensi, sedangkan sungai Bogowonto kita proteksi dengan pembangunan Jetty Pemecah Ombak,” sebutnya.

Untuk diketahui, tema Hari Air Dunia tahun ini adalah “Air Untuk Perdamaian”, memaknai hal tersebut terdapat kegiatan untuk membagi semangat kemanfaatan air untuk perdamaian.

Karenanya, dalam memperingati Hari Air Dunia ini, beberapa kegiatan telah digelar diantaranya seminar dan seremonial penanaman pohon. Pohon dan air merupakan hal penting dalam menjaga lingkungan. Saat ini sering dijumpai beberapa kejadian akibat dampak perubahan iklim, maka dengan penamanam pohon, potensi bencana bisa ditekan. (Pen0731/Muhiz)