Peringati Hari Armada ke-77, Lanal Yogyakarta Berdoa dan Tabur Bunga di Makam Jenderal Besar Sudirman

TNI Polri53 Dilihat

OKEBUNG | Dalam rangka memperingati Hari Armada RI ke-77 tahun 2022 yang jatuh pada 5 Desember 2022, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Laut (KH/W) Damayanti, SH, MM, CHRMP yang diwakili Palaksa Lanal Yogyakarta Letkol Laut (P) Agus Sulistyo Budi, SH didampingi Ketua Cabang 8 Korcab V DJA, Ny. Aulia Agus Sulistyo Budi memimpin ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Negara, Jalan Soga, Tahunan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DIY, Jumat (2/12/2022). 

Hari Armada RI ke-77 kali ini mengusunh tema “Komando Armada RI Pengawal Samudera Untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.


Nah, salah satu yang dilaksanakan Lanal Yogyakarta dalam memperingati Hari Armada tersebut ialah ziarah rombongan ke TMP. Ziarah tersebut adalah bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah mendarma baktikan jiwa raganya untuk bangsa dan negara. 

“Ziarah ini untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Palaksa Lanal Yogyakarta. 


Kegiatan ziarah rombongan yang dipimpin oleh Palaksa Lanal Yogyakarta ini diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga, penghormatan akhir kepada arwah para pahlawan. Setelah itu, dilanjutkan doa dan tabur bunga di pusara makam Jendral Besar TNI Soedirman dan pusara para pahlawan lainnya.

Ziarah ke Makam Pahlawan ini merupakan tindak lanjut dari perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono bahwa sebagai generasi penerus, pihaknya harus selalu mengenang jasa-jasa pejuang. Selain itu, meneruskan perjuangan mereka, dalam bergiat mengisi kemerdekaan dimasa yang akan datang.

Hadir dalam kegiatan, para perwira Staf, Prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta serta pengurus Jalasenastri Cab 8 Korcab V DJA II. (Muz) 

Sumber : Penlanal Yogyakarta