Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Bersama Mitra Karib Jalin Kerjasama Lewat Komsos Dengan Perangkat Kecamatan

Simalungun  |  Kerjasama antara Babinsa Komsos (Bintara Pembina Desa Komunikasi Sosial) dan perangkat kecamatan adalah sangat penting dalam pelaksanaan kegiatan sosial di wilayah tersebut. Babinsa Komsos memiliki peran aktif dalam kegiatan sosial di kecamatan, seperti mengorganisir kegiatan penanaman pohon, melakukan komunikasi sosial dengan pejabat dan warga setempat, serta mendukung kegiatan pertanian untuk meningkatkan ketahanan pangan dan kondisi ekonomi. Di sisi lain, perangkat kecamatan bertanggung jawab atas perencanaan, evaluasi, dan pelaporan program kecamatan, serta pelaksanaan tugas administratif umum seperti perencanaan keuangan, manajemen personil, pelayanan publik, dan pemberdayaan masyarakat.

Untuk memastikan kelancaran dan kesuksesan kegiatan sosial, kerjasama antara kedua pihak melibatkan koordinasi dan sinergi. Hal ini dapat terwujud dalam berbagai bentuk, seperti penyelenggaraan kegiatan bersama, pertukaran informasi, dukungan logistik, dan koordinasi dalam penanganan bencana. Dengan demikian, sinergi antara Babinsa Komsos dan perangkat kecamatan tidak hanya memperkuat hubungan antara pihak militer dan masyarakat, tetapi juga berkontribusi pada kesejahteraan dan pembangunan wilayah secara keseluruhan.

Dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 18/Dolok Silau jajaran Kodim 0207/Simalungun Serma Irwandi bersama dengan Babinkamtibmas Polsek Dolok Silau Aiptu Pol Waris turun kewilayah untuk melaksanakan kegiatan monitoring wilayah dan Komsos bersama dengan aparat pemerintahan Kecamatan Dolok Silau, Komsos tersebut untuk menjalin tali silaturahmi sekaligus sebagai wadah guna meningkatkan sinergitas antara Babinsa, Babinkamtibmas dengan perangkat pemerintahan Kecamatan Dolok Silau, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Kantor Camat Dolok Silau Kabupaten Simalungun, Sabtu (13/01/2024).

Giat Komunikasi Sosial dengan Perangkat Kecamatan tersebut, dilaksanakan rutin di wilayah desa binaan. Babinsa Serma Irwandi tampak mengungkapkan bahwa tujuan giat tersebut adalah selain Komsos tersebut untuk menjalin tali silaturahmi sekaligus sebagai wadah guna meningkatkan sinergitas antara Babinsa.