Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Berupaya Dampingi Petani Disawah Untuk Pemupukan Padi

Kodam 1 BB5 views

Simalungun  |  Kegiatan pendampingan sebagai bagian dari upaya khusus Ketahanan Pangan ini merupakan tugas tambahan dari Komando atas. Untuk itu, sebagai petugas pendamping berharap kepada petani jangan Sungkan-sungkan jika membutuhkan bantuan Babinsa. Keikutsertaan Bintara Pembina Desa (Babinsa) dalam membantu petani merupakan upaya khusus membantu program pemerintah daerah dalam mensukseskan swasembada pangan yang diwujudkan melalui pendampingan langsung ke sawah di wilayah binaannya.

dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 06/Perdagangan jajaran Kodim 0207/Simalungun Serda Sunarto turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan ketahanan pangan, kegiatan pendampingan hanpang membantu petani memupuk tanaman padi di lahan milik Bapak Samingan, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Nagori Bandar Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun, Sabtu (29/06/2024).

Dengan membantu petani mulai dari proses penanaman sampai tanaman dapat dipanen. Tujuan pemupukan ini yaitu untuk memberikan kesuburan terhadap batang tanaman padi dan sebagai langkah dalam mengurangi serangan hama tanaman padi. Pemupukan ini sebaiknya dilakukan secara serentak supaya penanggulangan hama padi bisa berjalan dengan efektif.

Babinsa Serda Sunarto mengatakan bercocok tanam padi di sawah menjadi aktifitas rutin dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di pedesaan, karena hal itu juga merupakan salah satu mata pencarian mereka. “Bagi para petani tentu sudah tidak asing dengan proses pemupukan padi, rata-rata mereka sudah paham bagaimana cara memberi pupuk dengan benar dan kapan jadwal padi diberi pupuk, meskipun demikian ada beberapa petani yang belum begitu paham mengenai jadwal pemupukan padi. karena jika tidak sesuai dengan aturan yang benar, maka dapat berakibat kurang baiknya pertumbuhan tanaman padi. “Untuk itu, perlu adanya pengawan Babinsa dan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) pertanian, karena dengan adanya pendamping petani, supaya tanaman padi yang ditanam dapat tumbuh subur, sehingga akan memperolah hasil panen yang maksimal,” pungkas Serda Sunarto.