Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Dukung Pembentukan Pos Siskamling Jaga Keamanan Wilayah Binaan

Simalungun  |  Babinsa, atau Bintara Pembina Desa, memainkan peran penting dalam mendukung keamanan lingkungan melalui kehadirannya dalam rapat pembentukan Siskamling. Siskamling, atau Sistem Keamanan Lingkungan, merupakan upaya bersama untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat pada siang dan malam hari dalam lingkungan tempat tinggal. Siskamling sendiri dibentuk berdasarkan kesepakatan dalam musyawarah warga, dengan semangat budaya kekeluargaan, gotong royong, dan swakarsa.

Dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 07/Bosar Maligas jajaran Kodim 0207/Simalungun Serka Budi turun kewilayah binaan untuk turut serta melaksanakan kegiatan menghadiri undangan Pembentukan Siskamling untuk keamanan Nagori Gunung Bayu, bersama dengan Pangulu Gunung Bayu Bapak Ismail Hutasuhut, Babinkantibmas Aipda Halomoan Sinaga, Kepala Dusun Huta 3 dan Huta 4 serta perwakilan dari masyarakat, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Balai Kantor Pangulu Gunung Bayu Kecamatan Bosar Maligas Kabupaten Simalungun, Senin (12/02/2024).

​Babinsa hadir dalam rapat pembentukan Siskamling untuk mendukung kegiatan tersebut, dimana ia turut serta dalam musyawarah pembentukan Siskamling bersama perangkat desa, tokoh masyarakat, RT, dan warga masyarakat. Dalam kesempatan tersebut, Babinsa memberikan dukungan dan himbauan kepada warga agar menjalankan tugas jaga malam dengan penuh rasa tanggung jawab serta menjaga keamanan lingkungan dengan sebaik-baiknya. Tidak hanya itu, kehadiran Babinsa juga menjalin kemitraan dengan warga masyarakat dan mengajak seluruh warga agar aktif dalam menjaga keamanan lingkungan. Selain itu, Babinsa juga menyampaikan pesan penting tentang menjaga kerukunan antar sesama warga, menyelesaikan permasalahan dengan mediasi, serta mengaktifkan kembali kegiatan Siskamling untuk menjaga kenyamanan dan keamanan lingkungan. Keikutsertaan Babinsa dalam kegiatan rapat pembentukan Siskamling mencerminkan komitmen dan perannya dalam mendukung upaya menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan serta menjalin kemitraan dengan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif.