Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan Dampingi Han Pangan Petani Panen Padi Di Sawah

Batu Bara  |  Salah satu tugas Babinsa adalah mendampingi petani dalam berbagai kegiatan pertanian, termasuk panen padi, pendampingan Babinsa kepada petani pada masa panen padi bisa meliputi berbagai aspek, seperti memberikan bantuan logistik, memberikan saran terkait teknik panen yang efisien, membantu mengatasi masalah yang muncul selama panen, dan memfasilitasi koordinasi dengan pihak terkait, seperti instansi pertanian dan petani lainnya, dengan pendekatan ini Babinsa diharapkan dapat membantu meningkatkan produktivitas pertanian padi di wilayahnya, kehadiran Babinsa dapat membantu memastikan bahwa proses panen berlangsung lancar dan mendukung kesuksesan panen padi, kerjasama antara Babinsa dan petani dapat menjadi salah satu faktor yang mendukung ketahanan pangan di wilayah tersebut.

Dalam kesempatan tersebut seperti halnya yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 01/Medang Deras jajaran Kodim 0208/Asahan Sertu Aidil Amsyah turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan pendampingan Han Pangan di sawah bapak Hariyadi memanen padi bertujuan membantu meringankan pekerjaan warga dalam memanen padi sehingga tercapai ketahanan pangan, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Desa Sidomulyo Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara, Kamis (14/03/2024).

Dalam membantu petani, Babinsa bukan hanya membantu pada saat panen saja, namun sejak mulai pembibitan hingga panen ikut terjun di lapangan baik dalam penanaman, pemeliharaan atau perawatan hingga panen bersama. Babinsa Sertu Aidil Amsyah bersama petugas penyuluh lapangan juga memberikan sosialisasi kepada petani tentang pertanian. “Sehingga usai panen para petani dapat memahami apa yang harus dilakukan dan dipersiapkan guna menghadapi musim tanam berikutnya,” ujarnya.

Ditempat terpisah Danramil menyampaikan bahwa TNI selalu siap mendampingi para petani, dengan cara mengoptimalkan peran para Babinsa di desa binaannya masing-masing dan selalu siap berkoordinasi dengan pihak terkait serta pihak manapun demi suksesnya program swasembada pangan, Danramil memerintahkan kepada seluruh Babinsa untuk memberikan pendampingan terhadap petani agar dapat meningkatkan hasil panen mereka. Kita arahkan Babinsa agar mendampingi petani semaksimal mungkin. Tujuannya adalah untuk meningkatkan hasil panen sehingga dapat menjaga ketahanan pangan dan mensejahterakan Para Petani, ungkap Danramil.