Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan Hadiri Musyawarah Pemasangan Tiang HUTM Dan Ganti Rugi Tanah Masyarakat

Korem 02223 Dilihat

Tanjung Balai  |  PLN sebagai Badan Usaha Milik Negara diberi prioritas pertama melakukan usaha penyediaan tenaga listrik untuk kepentingan umum yang mana, sebagai pemegang izin usaha penyediaan tenaga listrik, PLN berhak melaksanakan haknya seperti menggunakan tanah dan melintasi di atas atau di bawah tanah milik orang dalam rangka usaha penyediaan tenaga listrik termasuk memasang tiang listrik. Untuk itu, PLN harus memberikan ganti rugi hak atas tanah atau kompensasi kepada pemegang hak atas tanah, bangunan dan tanaman sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Ganti rugi tersebut dibayarkan oleh PLN sebagai pemegang izin usaha penyediaan tenaga listrik. Tetapi jika kondisinya ganti rugi sudah diberikan tetapi ada orang yang sengaja mendirikan bangunan di atas tanah yang bersangkutan tempat didirikannya tiang listrik, maka ganti rugi dan kompensasi tersebut tidak berlaku.

Dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Komandan Koramil (Danramil) 17/Datuk Bandar jajaran Kodim 0208/Asahan Kapten Inf Endar Siregar turut serta menghadiri kegiatan pelaksanaan musyawarah tentang pemasangan tiang HUTM (Hantaran Udara Tegangan Menengah) dan Ganti rugi tanah masyarakat yang terkena pemasangan tiang HUTM, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Kantor Kecamatan Datuk Bandar Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Pahang Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjung Balai, Kamis (05/01/2023).

Pada kesempatan tersebut Danramil mengungkapkan, jaringan tegangan menengah atau sering disebut jaringan distribusi primer merupakan bagian dari sistem tenaga listrik antar gardu induk dan gardu distribusi. Pada jaringan distribusi primer umumnya terdiri dari jaringan tiga-fasa denganmenggunakan tiga atau empat kawatsebagai penghantar. Sistem tegangan menengah yang digunakan di Indonesia pada umumnya adalah 20 kV, terangnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut turut serta dihadiri oleh, Bapak Abu Sahid S.Ag. Camat Datuk Bandar, Kapten Inf Endar Siregar Danramil 17/Datuk Bandar, AKP R. Sinaga Kapolsek Datuk Bandar, Bapak Buchari S.E (Dinas BPN), Bapak M Aulia (Dinas PUPR), Ibu Rosidah S.H (Lurah Sijambi), Ibu Sry (PLT Lurah Pantai Johor), Babinsa Koramil 17/DB, Bhabinkamtibmas Polsek Datuk Bandar, Bapak P Panjaitan (Kepling Pantai Johor), Bapak Fajarudin (Kepling Sijambi) dan Masyarakat yang terkena pemasangan HUTM.