Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan Laksanakan Pendampingan Petani Perawatan Ubi Kayu/Singkong

Asahan  |  Hasil produksi tanaman ubi kayu atau singkong biasanya dijadikan olahan pangan karena kandungan karbohidratnya yang tinggi, sedangkan daunnya biasa gunakan untuk bahan sayuran, para Babinsa membantu salah satu warga binaan yang sedang merawat tanaman miliknya, kami membersihkan tanaman dari rumput liar yang tumbuh diseputaran lahan dan dapat menggangu proses pertumbuhan tanaman singkong.

Dengan memonitoring tanaman milik petani oleh para Babinsa dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan dan kesuburan tanaman serta mewaspadai terhadap penyebaran hama terhadap tanaman ubi kayu/singkong, dalam kesempatan tersebut seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 06/Kisaran jajaran Kodim 0208/Asahan Serda Muhammad Amin turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan pendampingan Hanpangan di lahan singkong/ubi usia 2 bulan milik Bapak Hadi Ismanto (47) dengan luas lahan +- 2 Ha, bersama dengan Bapak Hadi, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Jalan Syech Hasan Lingkungan VII Kelurahan Selawan Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan, Minggu (18/02/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu membersihkan rumput liar yang tumbuh disekitar lahan agar tanaman dapat tumbuh berkembang dengan baik serta mendapat hasil panen yang lebih baik, selain menberikan pendampingan, juga ikut membersihkan lahan tersebut dari hama gulma dan rumput. Singkong atau ubi kayu merupakan produksi hasil pertanian pangan ke dua terbesar setelah padi, sehingga singkong mempunyai potensi sebagai bahan baku yang penting bagi berbagai produk pangan dan industry. Singkong atau ubi kayu merupakan produksi hasil pertanian pangan ke dua terbesar setelah padi, sehingga singkong mempunyai potensi sebagai bahan baku yang penting bagi berbagai produk pangan dan industry hasil produksi tanaman ubi atau singkong biasanya dijadikan olahan pangan karena kandungan kerbohidratnya yang tinggi, sedangkan daunnya biasa gunakan untuk bahan sayuran.

Lanjutnya, untuk mendapatkan hasil atau produksi maksimal kita harus diperhatikan dalam penyiapan lahan, pemilihan bibit yang baik, jarak tanam, penyiangan rumput hingga pemupukkan tepat waktu. Bapak Hadi selaku pemilik lahan mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang selalu aktif mendampingi kami dari penyiapan lahan, pengolahan dan sampe perawatan tanaman Babinsa selalu hadir mendampingi para petani, pungkasnya.