Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan Percepat Masa Tanam Bantu Petani Olah Lahan Sawah

Kodam 1 BB3 views

Batu Bara  |  Kegiatan ini adalah untuk mendukung program pemerintah dalam mewujudkan program ketahanan pangan dan swasembada pangan. Pengolahan menggunakan traktor mempermudah dan mempercepat penyiapan lahan serta sangat membantu petani dalam menyuburkan tanah yang akan ditanami, dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 01/Medang Deras jajaran Kodim 0208/Asahan Sertu Miswanto turun kewilayah desa binaan untuk membantu petani memotong/babat sisa jerami untuk mempermudah pengerjaan mengolah sawah pada musim tanam yang baru, pendampingan Han Pangan dilahan sawah Bapak Jumiran Poktan Makmur Didusun Masjid seluas 17 Rante Olah tanah (Jetor) bertujuan menghimbau masyarakat segera percepatan musim tanam yang baru guna tercapainya ketahanan pangan, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Desa Sidomulyo Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara, Kamis (27/06/2024).

Pada kesempatan ini juga Babinsa Sertu Miswanto turun kewilayah desa binaan untuk melaksanakan pengolahan lahan sawah untuk di jetor setelah selesai panen padi di lahan Bapak Rianto untuk memudahkan petani mengolah lahan sawahnya dan merasakan kehadiran Babinsa ditengah-tengah petani membantu petani mengolah lahan sawah.

Pada kesempatan tersebut Babinsa Sertu Miswanto menyampaikan, membaurnya Babinsa di Koramil jajaran Kodim 0208/Asahan dengan para petani itu adalah untuk memberikan bantuan dan motivasi kepada petani agar segera mengolah lahan sawahnya demi percepatan masa tanam. Hal itu dilakukan karena kebiasaan para petani di masa panen kadang terlambat mengolah kembali lahan sawahnya, dengan alasan kesibukan menjemur padi atau gabah hasil panen. “Hal ini harus diingatkan dan disosialisasikan kepada petani agar lahan tidak terabaikan begitu saja sehingga tidak ada lahan yang “nganggur”, imbuh Babinsa Sertu Miswanto.