Personel Koramil 08/PB Kodim 0208/Asahan Berikan Wasbang Tentang Tanggung Jawab Kepada Anggota Pantarlih

Kodam 1 BB4 views

Asahan  |  Tujuan utama dari Bimbingan Teknis (Bimtek) ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan kepada para petugas Pantarlih dalam menjalankan tugas pemutakhiran data pemilih dengan baik dan benar. Melalui bimtek ini, diharapkan para petugas dapat memahami secara mendalam prosedur dan tata cara yang harus dilakukan dalam pemutakhiran data, sehingga dapat mengurangi kesalahan dan meningkatkan akurasi data pemilih. Selain itu, bimtek ini juga bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh petugas Pantarlih memahami pentingnya menjaga kerahasiaan dan keamanan data pemilih, serta melaksanakan tugas dengan integritas dan profesionalisme.

Dalam rangka memberikan arahan serta bimbingan kepada petugas yang disaat pelaksanaan pilkada nantinya, dalam kesempatan ini seperti halnya yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 08/Pulau Buaya jajaran Kodim 0208/Asahan Sertu Faisal Lubis turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan memberikan wasbang Mencintai pekerjaan dan tanggung jawab dalam bekerja kepada Anggota Pantarlih (Pemuktahiran Data Pemilih) agar melakukan pekerjaan pendataan masyarakat yang mana dalam waktu dekat akan melaksanakan pilkada serta memberikan arahan pada saat pendataan harus teliti, cermat, tepat dan benar, bersama dengan Bapak Sahdat (Anggota Pantarlih), Ibu Nurul (Anggota Pantarlih) dan Ibu Fatimah (Masyarakat), kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Bagan Asahan Baru Kecamatan Tanjung Balai Kabupaten Asahan, Jumat (05/07/2024).

Berbagai materi penting disampaikan kepada para peserta. Materi pertama adalah pengenalan dan pelatihan penggunaan aplikasi E-Coklit yang merupakan bagian dari PPS, selanjutnya peserta juga diberikan pemaparan mengenai tata cara pemutakhiran data pemilih melalui lembar berkas yang harus diisi, termasuk langkah-langkah yang harus dilakukan mulai dari pendataan hingga validasi data. Selain itu, ini juga memuat penjelasan mengenai tata tertib dan ketentuan dalam proses pemutakhiran data, termasuk bagaimana menghadapi berbagai situasi di lapangan serta etika dalam berinteraksi dengan masyarakat, dengan demikian melalui bimtek ini, diharapkan para petugas Pantarlih dapat menjalankan tugasnya dengan kompeten dan bertanggung jawab.