Pimpin Upacara Bendera Tujuh Belasan, Kasdim 0808/Blitar Bacakan Amanat Panglima TNI

Blitar – Kodim 0808/Blitar gelar upacara bendera tujuh belasan yang dipimpin oleh Kepala Staf Kodim Mayor Inf Joni Morwantoto, S.H., bertempat di halaman Makodim 0808 Jl. A. Yani No. 06 Kel / Kec. Kepanjenkidul Kota Blitar, Selasa (17/1/2023).

Upacara bendera tujuh belasan kali ini, diikuti oleh anggota Kodim 0808/Blitar yang terdiri dari Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS.

Dalam amanat Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. yang dibacakan oleh Kasdim 0808/Blitar menyampaikan, bahwa TNI sebagai alat utama pertahanan negara, harus selalu hadir untuk berperan aktif sesuai dengan fungsi dan tugas pokok TNI yang telah diamanatkan oleh Undang Undang.

Sebagai garda terdepan dan benteng terakhir NKRI, TNI harus mampu membantu mengatasi kesulitan dan permasalahan yang dihadapi bangsa.

Sesuai Visi saya sebagai Panglima TNI, TNI harus mampu menjadi Patriot, yakni prajurit TNI profesional, modern dan tangguh, TNI kuat, rakyat bermartabat.

Menjelang pelaksanaan Pemilu serentak Tahun 2024, sesuai amanat Undang Undang RI Nomor 34 Tahun 2004, TNI harus bersikap netral dan tidak terlibat politik praktis.

Tugas dan tanggungjawab TNI hanya membantu pemerintah, agar semua rangkaian dan tahapan Pemilu dapat berjalan lancar dan aman.

Mengakhiri sambutannya, Panglima TNI meminta agar setiap prajurit dalam pengabdiannya kepada Negara Kesatuan RI harus tulus dan ikhlas, dengan dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Serta senantiasa berpedoman kepada Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI, tegasnya (Dim0808).