Pohon Tumbang, Koramil 02/Kedung Sigap Bantu Evakuasi

OKEBUNG | Hujan deras disertai dengan angin kencang yang terjadi pada Rabu, (4/1/2023) malam sekitar pukul 22.30 WIB, menyebabkan pohon tumbang di Pertigaan Mboro, Jalan Raya Bugel, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara, Jateng.

Akibat kejadian itu, akses jalan terputus akibat tertutup pohon yang tumbang persis ke badan jalan. Kejadian ini sempat membuat agus lalulintas macet. 

Bati Tuud Koramil 02/Kedung Serka Poerwadi bersama dua anggota Koramil setempat pun turun membantu Tim BPBD Jepara mengevakuasi pohon tumbang tersebut. 

“Beruntung saat peristiwa terjadi tidak ada masyarakat yang beraktivitas atau kendaraan yang melintas, sehingga tidak menimbulkan korban jiwa,” ujar Serka Poerwadi di lokasi. 

Dijelaskan Serka Poerwadi, akhir-akhir ini cuaca sangat ekstrem utamanya hujan disertai dengan angin kencang, tentunya ini sangat menghawatirkan bagi masyarakat.


“Mengingat kondisi cuaca saat ini cukup ekstrem. Kami menghimbau masyarakat, terutama pengendara dan pejalan kaki, agar berhati-hati saat melintasi terutama di ruas jalan yang terdapat pepohonan di kanan dan kirinya,” kata Serka Poerwadi.

Ia menyarankan bagi pengendara agar lebih baik berhenti untuk mencari tempat aman ketika hujan turun deras disertai angin kencang. Karena selain jarak pandang yang terbatas, perlu diwaspadai potensi pohon tumbang yang dapat menimbulkan korban jiwa.

“Dengan kejadian ini, kami akan melakukan koordinasi dengan OPD terkait untuk memangkas pepohonan yang ada di kanan-kiri jalan maupun pohon yang terdeteksi sudah lapuk sehingga rawan tumbang,” pungkasnya. (Miko/Muz) 

Sumber :  Pendim 0719/Jepara.