Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga, Babinsa Langsung Turun Lakukan Evakuasi

OKEBUNG | Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan sebuah pohon tumbang di wilayah Kalurahan Srikayangan, Kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, DIY pada Sabtu (9/3/2024) kemarin.

Pohon berdiameter satu meter yang tumbang itu menimpa rumah milik Tukiman, warga Padukuhan Karangasem Tengah, Srikayangan. Akibatnya korban mengalami kerugian materiil ditaksir sekitar Rp 10 juta. Pohon jati yang tumbang itu milik Yusuf.

Celakanya, pohon tersebut tidak hanya menumpahkan rumah tetapi kabel listrik juga ikut kena hingga tiangnya patah serta menutup akses jalan Padukuhan .

Untuk mengetahui kejadian ini, Babinsa Srikayangan, Koramil 07/Sentolo Kodim 0731/Kulon Progo, turun langsung ke lokasi untuk mengetahui kejadian tersebut.

Babinsa Srikayangan, membenarkan jika pohon Jati berdiameter satu meter tumbang menimpa rumah milik Tukiman warga Padukuhan Karangasem Tengah, Srikayangan.

“Pohon ini juga menimpa kabel listrik dan menyebabkan tiang listrik patah serta menutup akses jalan padukuhan,” katanya.

“Kami sudah koordinasi dengan Jagabaya, Dukuh dan warga masyarakat serta Petugas PLN untuk evakuasi dan pengkondisian,” kata Babinsa.

Pihaknya juga melakukan gotong-royong pembersihan batang pohon agar akses jalan kembali terbuka dan rumah warga yang rusak dapat segera diperbaiki. (Muhiz)