Polres Magelang Kota Gelar Operasi Keselamatan Lalulintas

OKEBUNG | Polres Magelang Kota menggelar Apel Pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024, di Alun-Alun Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Jumat (1/3/2024) siang. 

Apel gelar pasukan ini dipimpin oleh 
Kapolres Magelang Kota AKBP Herlina, SIK, MH. 

Adapun peserta apel gelar pasukan terdiri dari anggota Polres Magelang Kota, personel Polisi Militer dari Subdenpom Magelang dan pegawai Dinas Perhubungan Kota Magelang. 

Dalam amanatnya, Kapolres Magelang Kota mengatakan bahwa Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi tahun 2024 kembali gelar awak Maret 2024 ini hingga beberapa hari ke depan. Dalam operasi ini sambung AKBP Herlina petugas akan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif disertai gakkum dengan pendekatan humanis dan edukatif. 

“Kita sampaikan bahwa, tujuan operasi ini untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menurunkan angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas,” kata AKBP Herlina. 

Melalui operasi keselamatan lalu lintas tersebut sekaligus untuk menciptakan keamanan, ketertiban, kelancaran dan keselamatan berlalu lintas atau Kamseltibcarlantas yang optimal. 

“Kita berharap operasi ini dapat berjalan lancar dan memberikan hasil positif dalam menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat,” ujar AKBP Herlina.

Sementara itu, dari data diperoleh bahwa terdapat peningkatan jumlah pelanggaran lalu lintas sebesar 25% dibandingkan dengan tahun 2022 yakni mencapai 11.453 pelanggaran.
Namun, jumlah tilang mengalami penurunan sebanyak 28% menjadi 6.350 lembar pada tahun 2023 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

“Sedangkan jumlah teguran mengalami peningkatan signifikan sebanyak 207%, mencapai 8.045 teguran dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” timpakan Kapolres Magelang Kota.

Pantauan di lapangan, Apel Gelar Pasukan ini berbeda dari sebelumnya. Pasalnya, disela acara terdapat perwakilan pelajar membacakan ikrar Deklarasi Aksi Keselamatan Jalan. Deklarasi itu menegaskan komitmen untuk setia kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, serta siap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Mereka juga berjanji untuk saling menghargai dan menghormati hak pengguna jalan sesuai amanat Undang-Undang Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009. Selain itu, mereka bersedia untuk bersama-sama dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia memberikan sosialisasi, edukasi, dan partisipasi dalam upaya mewujudkan lalu lintas yang aman, tertib dan berkeselamatan.

Ditambahkan oleh Kapolres Magelang Kota, Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024 diharapkan dapat menjadi langkah konkret dalam meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas. Selain itu, dapat menciptakan lingkungan berlalu lintas yang lebih aman dan tertib bagi semua pihak. (Muiz)