Pompa Hidram Kodim 1609/Buleleng Wujud Kepedulian TNI AD Mengatasi Kesulitan Masyarakat

OKEBUNG|
Kasiops Kasrem 163/Wira Satya Kolonel Inf Komang Agus Marthana Putra,bersama Pegawai Dinas PU Kab. Buleleng Gusti dan Perbekel Desa Sekumpul Made Suarta,meninjau dan mengecek Pompa hidram (Air bersih) di Desa Sekumpul Kec. Sawan dan Pompa Hidram Pertanian seluas 45 Ha di Desa Panji Anom Kec. Sukasada Kab. Buleleng,Senin 28 November 2022 pukul 10.00 Wita.

Dalam peninjauannya juga didampingi
Pjs. Pasi Ter Kodim 1609/Buleleng Kapten Inf. Made Suradnya,Danramil 1609-09/Sawan Kapten Inf. Made Suparsana,dan Pjs Dan Unit Inteldim 1609/Buleleng Letda Inf. Chris Pelris Patah.

Disela kunjungannya Kasi Ops Kasrem 163/Wira Satya Kolonel Inf Komang Agus Marthana Putra,apresiasi dengan hasil pembuatan Pompa Hidram yang dikerjakan personel Kodim 1609/Buleleng,sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

Dandim 1609/Buleleng Letkol Arh Tamaji.S.Sos,menyampaikan bahwa pembuatan Pompa Hidram mengerahkan prajurit TNI AD sebanyak 15 orang yang di pimpin langsung Danramil 05 Sukasada Kapten Arh Gede Buktiana dibantu warga masyarakat 37 orang.

“Pompa Hdidram pertanian untuk menyematkan 40 hektar lahan pertanian yang dikelola 32 petani agar pengairan lancar sehingag hasil panen bisa meningkat,”sebut Dandim.

Dengan berbekal ilmu dan skill masing-masing personel bekerja dan bekerja membuat Pompa Hidram untuk mengairi persawahan 40 Hektar lahan pertanian di Desa Panji Anom.

Meski harus melintasi perbukitan terjal dilereng bukit,prajurit Kodim Buleleng dan warga masyarakat terus berupaya menuntaskan pekerjaan untuk mengatasi kesulitan petani dan mendukung program ketahanan pangan tersebut.

“Pekerjaan pembuatan Pompa Hidram untuk pertanian telah berjalan lancar sesuai rencana dan tuntas,” Letkol Arh Tamaji.

Pembangunan Pompa Hidram yang dicanangkan Komando Atas dan perintah Bapak Kasad dan Pangdam IX/Udayana sebagai wujud kepedulian TNI AD untuk mengatasi kesulitan masyarakat dan mendukung Program Ketahanan Pangan serta Program TNI AD Manunggal Air Bersih.

Selain itu,Pompa Hidram kita buat guna mengatasi kesulitan para petani yang mana irigasinya kurang memadai sehingga pasokan air ke sawah sangat minim.Untuk mengatasinya,kita dari
Kodim 1609/Buleleng membangun Pompa Hidram.

“Pompa Hidram siap maka airnya diarahkan kepersawahan sehingga petani sawahnya tidak kekurangan air,dan hasil panennya juga bisa meningkat dan sangat baik,”jelas Dandim.

Letkol Arh Tamaji mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan juga sebagai salah satu untuk melestarikan budaya luhur bangsa Indonesia,yakni gotong royong.Karena dalam pembuatan Pompa Hidram TNI dan masyarakat bahu membahu mengerjakan-Nya.

Sementara itu,Kepala Desa Panji Anom Nyoman Mustanda didampingi Kelian Subak I Nyoman Tajun,menyampaikan
ucapan terimakasih sekali kepada TNI AD,khususnya kepada bapak Dandim Buleleng yang telah memilih kampung kami untuk pembuatan Pompa Hidram.

“Pembangunan Pompa Hidram yang dibuat Kodim Buleleng untuk mengairi sawah seluas 40 hektar dan juga menyelamatkan 32 orang petani,berkat TNI AD (Kodim) sawah kami kedepannya selamat dari kemarau dan irigasinya akan lancar,semoga saja bapak Dandim sehat selalu,dan kebaikannya dibalas oleh Tuhan Maha Esa.

Kodim Buleleng