Prajurit Batalyon Infanteri 5 Marinir Peringati Hari Dharma Samudera

Marinir, TNI AL16 Dilihat

Okebung

TNI AL, Kormar (Surabaya). Batalyon Infanteri 5 Marinir menggelar upacara memperingati Hari Dharma Samudera Tahun 2023 di lapangan apel Kesatrian Marinir Soeroto II Ujung, Semampir, Surabaya, Jawa Timur. Senin (16/01/2023).

Pada upacara hari Dharma Samudera yang berlangsung dengan khidmat tersebut, bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Kompi Markas Yonif 5 Marinir Kapten Marinir Cilvo Dwi Setiawan dan sebagai Komandan Upacara (Danup) Lettu Marinir Sugianto yang sehari-hari menjabat sebagai Wakil Komandan Kompi Ghurango Yonif 5 Marinir dan diikuti oleh seluruh Prajurit Batalyon Infanteri 5 Marinir.

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., yang dibacakan oleh Kapten Marinir Cilvo Dwi Setiawan, menyampaikan bahwa para pahlawan Laut Aru telah memberikan keteladanan sejati bagi prajurit Jalasena, yakni sikap ksatria dan rela berkorban. Mereka melakukan perlawanan sengit meski akhirnya tertembak dan tenggelam bersama sejumlah prajurit terbaik ALRI pada 15 Januari 1962 dan telah membuktikan bahwa bangsa Indonesia tidak pernah gentar menghadapi musuh dalam upaya mempertahanan wilayah dan kedaulatan negara.

Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., menambahkan, sebagai generasi penerus bangsa dan sebagai prajurit Matra Laut pengawal samudera, sikap ksatria dan rela berkorban yang ditunjukan oleh para pendahulu kita sudah seharusnya dapat dijadikan contoh dan suri tauladan bagi kita semua. Kita dapat meneladani nilai-nilai luhur yang diwariskan oleh para pahlawan samudera seperti semangat pengabdian yang tulus ikhlas, pantang menyerah dan rela berkorban demi menjaga harkat dan martabat bangsa maupun sikap teguh pada tujuan yang dilandasi keberanian dan jiwa kesatria sebagai prajurit Matra Laut sejati.