Prajurit Kilap Sumagan Harus Tunjukkan Jati Diri Sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang dan Tentara Profesional

TNI Polri50 Dilihat

OKEBUNG|Sebagai Prajurit Kilap Sumagan harus siap melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, tunjukkan jati diri TNI AD sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang dan Tentara Profesional serta keberadaan Prajurit Armed dapat dirasakan masyarakat.

Hal ini disampaikan Komandan Batalyon Artileri Medan (Danyonarmed) 2/105 Tarik/KS, Letkol Arm Delli Yudha Adi Nurcahyo SE, MM saat acara Syukuran HUT Armed ke-77 dan HUT ke 70 Yonarmed 2/105 Tarik/Kilap Sumagan di Gedung Olahraga Arupadatu Arena, Jalan Besar Delitua, Minggu (04/12/2022).

Untuk itu, dalam Syukuran HUT Armed ke-77 dan HUT ke 70 Yonarmed 2/105 Tarik/Kilap Sumagan, Danyonarmed 2/105 Tarik/KS, Letkol Arm Delli Yudha Adi Nurcahyo SE, MM berharap kepada seluruh prajurit Kilap Sumagan agar berkomitmen untuk terus menempa dan melatih diri sehingga dapat membentuk prajurit yang profesional serta dapat meningkatkan harmonisasi dengan rakyat maupun stakeholder yang lain.

Pada acara Syukuran HUT Armed ke-77 dan HUT ke 70 Yonarmed 2/105 Tarik/Kilap Sumagan, tahun ini bertemakan ” Armed TNI AD Bangkit Lebih Kuat”, ini bisa dijadikan pijakan penting untuk menyongsong dan menunjang kinerja prajurit Armed yang Bijak, Cepat dan Teliti.

Dalam kegiatan syukuran tahun ini, sesuai edaran Danpusenarmed Kodiklatad, kita isi kegiatan tambahan Olahraga Umum antar Baterai Yonarmed 2/105 Tarik/KS, Badminton Kilap Sumagan Cup untuk Umum, Donor Darah, Karya Bakti, serta anjangsana kepada pensiunan dan Wakawuri Armed, Bakti sosial ke Panti Asuhan Ar’Rahman, Ziarah ke Taman Makam Pahlawan, pelaksanaan Ikrar dan diakhiri kegiatan Syukuran di GOR Arupadatu Arena, jelas Danyonarmed 2/105 Tarik/KS.

Diwaktu yang sama, Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Kasdam I/BB Letkol Arm Azhari, membacakan Amanat Danpussenarmed Mayjen TNI Yudhy Chandra Jaya MA, mengucapkan Selamat Ulang Tahun kepada Segenap potensi Prajurit Artileri Medan dimanapun berada.

Danpussenarmed ingin melalui momentum 77 Tahun pengabdian Artileri Medan ini hendaknya kita jadikan sebagai wahana untuk mewujudkan komitmen bersama dalam rangka membangun kebanggaan dan kejayaan Korps Artileri Medan, kata Letkol Arm Azhari.

Sejalan dengan harapan ini, maka dalam peringatan kali ini tema yang diangkat adalah “Armed TNI AD bangkit lebih kuat”, yang bermakna bahwa seluruh prajurit Armed memiliki komitmen, motivasi, dan semangat yang sama untuk bangkit lebih kuat dan hebat.

Jadi keberadaan prajurit Armed yan
menduduki dan jabatan strategis sebagai Perwira Tinggi, telah menunjukkan eksistensi bahwa perwira Korps Armed cukup diperhitungkan dan diakui oleh Pimpinan TNI, sebutnya.

Perlu diketahui, saat ini, melalui modernisasi Alutsista berbasis teknologi, kecabangan Armed telah memiliki Alutsista yang dapat menembak dengan cepat dan akurat, mulai dari Alutsista MLRS Astros II MK6, Meriam 155 MM GS Caesar dan Meriam 155 MM GS M109A4BE sejak tahun 2014, kedepannya Satuan Armed akan dipersenjatai Alutsista Indonesia Taktikal Balistik Missile yang mampu membidik sasaran sejauh 280 KM dengan tepat, Ucapnya.

Tidak hanya itu, Pussenarmed sedang mengembangkan pesawat terbang tanpa awak yang dapat digunakan regu peninjau maupun peleton observasi yang mampu terbang hingga 75 KM.

Lanjut, Letkol Azhari, dalam perkembangan Satuan Armed telah memiliki 19 Satuan Setingkat Batalyon dan akan bertambah 1 Batalyon yakni Yonarmed 21/Kawali di Kabupaten Bone agar Satuan Armed semakin berkembang dan ideal.

Sebelum mengakhiri sambutan, Letkol Azhari menyampaikan ucapan Terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya, dari Danpussenarmed kepada para sesepuh dan senior atas perjuangan, pengorbanan serta kerja keras tanpa pamrih yang telah di Dharma Bhaktikan untuk membangun kejayaan Korps Artileri Medan. “Dirgahayu Korps Artileri Medan TNI AD, Semoga Korps Artileri Medan TNI AD Tetap Jaya Sepanjang Masa” Pungkasnya.

Acara dilanjutkan, Pemutaran Sejarah Singkat Yonarmed 2/105 Tarik Kilap Sumagan dan Kaleidoskop Sertijab Danyonarmed 2/105 Tarik/KS.

Kemudian, acara hiburan berupa parodi Tukul Arwana, pemberian Tali asih Purnawirawan dan warakawuri dan penyerahan hadiah perlombaan kepada para prajurit prestasi Olahraga oleh Danyonarmed 2/105/KS, Waaster, sesepuh Danyon.

Dalam puncaknya HUT Armed 2/105/KS ke 70, Danyonarmed memotong tumpeng diberikan kepada prajurit Bintara tertua di Armed 2/105 Serma Sukendro dan suprise Ulang Tahun Danyonarmed 2/105 kepada Ibu Waaster Kasdam dan kepada Kapten Arm Catur Hadi Wuryanto. Ditutup hiburan nyanyian dari para ibu Persit Yonarmed 2/105/ KS.

Turut hadir, Sesepuh Armed Kol. Art Bina Sinuhaji, Waaster Kasdam Kol. Arm Azhari, para pejabat Pemerintah, Kepolisian, Para Tamu undangan, para prajurit Tamtama, Bintara dan Perwira, para Ibu Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XIV/Yonarmed 2/105 Tarik/KS.