PRAJURIT KOLINLAMIL IKUTI APEL KESIAPSIAGAAN NASIONAL MENGHADAPI BENCANA HIDROMETEOROLOGI

TNI AL735 Dilihat

OKEBUNG|
Dalam rangka mengantisipasi potensi cuaca ekstrem dan potensi bencana alam yang diperkirakan terjadi pada bulan November 2022 hingga Februari 2023, Komando Lintas Laut Militer mengirimkan prajuritnya untuk mengikuti Apel Kesiapsiagaan Nasional Menghadapi Bencana Hidrometeorologi tahun 2022/2023 di Provinsi DKI Jakarta yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Buperta Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (9/11). Apel kesiagaan nasional yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK) Muhadjir Effendy tersebut diikuti oleh kurang lebih 2.500 personel gabungan yang terdiri dari unsur TNI dan Polri, Kementerian/Lembaga, Pemda DKI Jakarta, BPBD DKI Jakarta, BMKG, Squad PBI dan Basarnas. Turut hadir, Asisten Personel Pangkolinlamil Kolonel Laut (E) Rendra Feronika mewakili Panglima Kolinlamil Laksda TNI Agus Hariadi.

Sebelum menyampaikan sambutannya, Menko PMK berkesempatan untuk melakukan pengecekan kesiapan personel apel gabungan beserta peralatan dan sarana prasarana pendukung kegiatan penanggulangan bencana. Dalam sambutannya Menko PMK menyampaikan, posisi geografis Indonesia sangat berpotensi timbulnya bencana, oleh karena itu diperlukan adanya antisipasi dan penanggulangan bencana. Bencana yang terjadi memiliki spectrum luas dan berhimpitan dengan faktor ekonomi sehingga perlu pendekatan berbasis kesejahteraan. “Oleh karena itu mari kita sama-sama bersinergi untuk melakukan pencegahan atau pengurangan resiko bencana dengan memaksimalkan pemantauan dan senantiasa siap bila dibutuhkan dalam darurat bencana atau pasca bencana.” ujar Menko PMK.

Dalam instruksi yang tercantum dalam perintah hariannya, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono menekankan kepada seluruh jajaran TNI AL untuk selalu jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI AL melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara. Prajurit TNI AL dimanapun berada harus memberi manfaat kepada rakyat dan cepat tanggap terhadap permasalahan dan kesulitan rakyat. (Dispen Kolinlamil)