Prajurit Kostrad Berikan Warna Baru di Nduga, Pondok Pintar Pandawa Ramai Anak-anak Setiap Hari

Kostrad157 Dilihat

Jakarta. Di tengah kompleksitas tugas menjaga keamanan di wilayah Kabupaten Nduga, Prajurit Kostrad dari Batalyon Infanteri 411 Kostrad memberikan nuansa baru dengan pembangunan “Pondok Pintar Pandawa” di Pos Kotis Kenyam. Kamis (15/2/2024).

Letda Chk Agung Kurniawan Prawira, S.H., M.H., Perwira Hukum Satgas, mengungkapkan bahwa pembangunan ini bertujuan untuk mendekatkan diri dengan masyarakat setempat.

Dibangun atas inisiatif dan perhatian Letkol Inf Subandi, S.E.,M.I.P., Pondok Pintar Pandawa menjadi pusat belajar dan bermain bagi anak-anak setempat. Dalam beberapa bulan terakhir, pos TNI yang sebelumnya sepi kini menjadi ramai dengan kunjungan anak-anak setiap harinya.

Ditambah dengan program-program teritorial lainnya seperti pelayanan kesehatan gratis, pembagian sembako, dan bantuan pendidikan, Pondok Pintar Pandawa berhasil menciptakan ikatan emosional antara Prajurit Kostrad dengan anak-anak Papua. Bahkan, kehadiran modernitas seperti pengenalan komputer melalui laptop turut menarik minat anak-anak untuk datang ke pos.

“Miniton Murib dan Nikael Murib adalah contoh nyata bagaimana kecintaan terhadap TNI dapat terwujud melalui kedekatan dengan para prajurit di Pos Kotis,” ungkap Letda Agung.

Pondok Pintar Pandawa bukan hanya sekadar tempat bermain, tetapi juga merupakan simbol perubahan signifikan dalam persepsi masyarakat terhadap kehadiran TNI. Dari pos yang sebelumnya ditakuti, kini menjadi tempat yang dicintai dan diharapkan membawa kebahagiaan serta manfaat nyata bagi masyarakat di Kota Kenyam, Nduga.

Pembagian ratusan tas sekolah dan sarapan pagi bersama anak-anak setempat adalah contoh konkret dari komitmen Prajurit Kostrad untuk mendukung pendidikan dan kesejahteraan anak-anak Papua. Dalam upaya membangun masa depan yang lebih baik, kehadiran TNI di Nduga tidak hanya menjadi penjaga keamanan, tetapi juga mitra dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. (Penkostrad).