Prajurit Ksatria Perkasa Peringati Upacara Hari Dharma Samudera Tahun 2024

Marinir, TNI AL506 Dilihat

Okebung

TNI AL, Dispen Kormar (Surabaya). Seluruh Prajurit Ksatria Perkasa (Batalyon Kapa 2 Marinir) melaksanakan upacara hari Dharma Samudera tahun 2024 yang bertempat di Lapangan Trian Mar Soepraptono, Ujung, Surabaya. Senin (15/01/2024).

Hari Dharma Samudera diperingati untuk mengenang sejarah 15 Januari 1962 silam, peristiwa heroik perlawanan terhadap agresi Belanda, dengan mengobarkan semangat pertempuran Angkatan Laut Indonesia yang dikenal dengan Pertempuran Laut Aru. Pada pertempuran tersebut, Komodor Yos Sudarso bersama seluruh Prajurit KRI Macan Tutul gugur dengan terhormat mempertahankan kedaulatan NKRI.

Upacara tersebut dipimpin oleh Pasintel Danmenkav 2 Mar dengan mengangkat tema “Kobarkan Semangat Pertempuran Prajurit Jalasena Yang Tangguh, Profesional dan Modern”.

Komandan Batalyon Kapa 2 Marinir Mayor Mar Imam Wahyudi, M.Tr.Opsla., menyampaikan, “Peringatan hari Dharma Samudera ini merupakan wadah untuk meneladani nilai-nilai perjuangan para pahlawan, sikap patriotisme dan mengenang sejarah perjuangan bangsa untuk tegaknya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, “ ucap Danyonkapa 2 Mar.