Prajurit Yonranratfib 2 Marinir Implementasikan Keunggulan Kavaleri

Marinir, TNI AL23 Dilihat

Okebung

TNI AL, Kormar (Surabaya). Batalyon Kendaraan Pendarat Amfibi 2 Marinir (Yonranratfib 2 Mar) sebagai Satuan pelaksana Resimen Kavaleri 2 Marinir (Menkav 2 Mar), yang memiliki keunggulan dalam mobilitas pasukan di medan pertempuran dengan sarana komunikasi sebagai pengendali, salah satunya Peraturan Baris-Berbaris (PBB) Kavaleri sebagai sarana komunikasi dan instruksi yang diimplementasikan pemberian materinya di Garase Ranpur Yonranratfib 2 Marinir, Kesatrian Soepraptono, Semarung, Ujung, Surabaya. Selasa (10/01/2023).

Sarana komunikasi Ranpur tidak hanya menggunakan Radio, melainkan komunikasi visual dengan tanda-tanda isyarat lengan dan tangan merupakan bagian dari PBB Kavaleri yang dikemas pada kegiatan pelajaran siang, dengan instruktur Serda Mar M. Imron, disampaikan beberapa materi PBB Kavaleri dengan sasaran materi mulai dari pengertian, kelemahan dan cara mengatasi kelemahan PBB Kavaleri hingga jenis tanda atau aba-aba pelaksanaan, aba-aba taktis dan aba-aba formasi sebagai sarana komando seorang komandan dalam mengendalikan mobilitas dan manuver Ranpur.

Komandan Yonranratfib 2 Mar Letkol Marinir Aloysius Yogandhi Nugroho, M.Tr. Opsla., menyampaikan, tidak dipungkiri Radio merupakan sarana komunikasi yang paling cepat, namun Radio juga memiliki keterbatasan atau gangguan saat difungsikan, selain itu, suara gemuruh dan bising mesin juga berpengaruh terhadap komunikasi Ranpur, maka untuk memenuhi kekurangan tersebut diperlukan sarana komunikasi lain yang bersifat visual seperti yang sudah dilaksanakan prajurit dalam merefresh kembali pelajaran PBB Kavaleri.