PUNCAK KEGIATAN HARBOUR PHASE LATMA MILAN 2024, INI YANG DIGELAR

TNI AL370 Dilihat

Jalesveva Jayamahe,
Jakarta, 23 Februari 2024–Memasuki Harbour Phase hari ketiga, Prajurit KRI Sultan Iskandar Muda-367 (KRI SIM-367) mengikuti berbagai kegiatan Latma Multilateral Naval Exercise (MNE) Milan 2024 diantaranya International Maritime Seminar (IMS) bertempat di Gedung Samudrika, Eastern Naval Command, Visakhapatnam, India, Jumat (23/02).

Seminar yang mengangkat tema Partners Across Ocean, Collaboration, Synergy, and Growth ini dibuka oleh Admiral Karambir Singh, PVSM, AVSM, IN (Retd), Chairman the National Maritime Foundation ini dihadiri oleh Head of Delegation (HoD) serta dihadiri oleh Komandan kapal perang dari masing-masing negara peserta latihan.

Sedangkan kegiatan dibidang perencanaan latihan, tim Departemen Operasi (Depops) dari tiap-tiap kapal perang melaksanakan Pre-sail Discussion melanjutkan dari hari sebelumnya, dengan agenda penyusunan Schedule of Event (SOE) dan rencana serial latihan selama Sea Phase.

Sementara itu, para perwira muda yang tergabung dalam kegiatan Milan of Young Officer berkesempatan menggunakan fasilitas Ship Handling Simulator yang berlokasi di Maritime Warfare Center, Eastern Naval Command, Visakhapatnam, India.

Pada kesempatan yang sama, Danguspurla Koarmada II, Laksamana Pertama TNI Amrin Rosihan Hendrotomo, S.E., selaku HoD Indonesia melaksanakan Bilateral Meeting dengan HoD Rusia, Admiral Vladimir Lvovich Kasatonov, Deputy Commander in Chief of the Navy. Dalam pertemuan tersebut perwakilan Angkatan Laut kedua negara melaksanakan perbincangan dan diskusi singkat terkait kerjasama antara Angkatan Laut Indonesia dan Angkatan Laut Rusia khususnya di bidang latihan dan pendidikan.

Sebagai puncak kegiatan harbour phase Latma Milan 2024, digelar International City Parade di Rama Krishna Beach, dimana tiap peserta melaksanakan kirab parade menggunakan berbagai jenis pakaian dan kostum masing-masing negara.

Satu peleton prajurit KRI SIM-367 yang dipimpin oleh Letda Laut (S) Sandy Abdani Muiz melangkah tegap saat melewati podium VIP dengan penuh kebanggaan menggunakan pakaian PDU, PDL TNI AL dan berbagai pakaian tradisional Indonesia yang bertujuan untuk menunjukkan bahwa prajurit TNI AL merupakan prajurit militer yang profesional dengan tidak meninggalkan tradisi dan budaya Indonesia sehingga menjadi representasi wajah Indonesia di mata internasional.

Kegiatan hari ketiga harbour phase ditutup dengan beberapa kapal peserta Latma Milan 2024 mengadakan National Reception dengan mengundang negara-negara peserta untuk turut hadir termasuk, Indonesia menjadi salah satu bagian dalam reception di kapal perang dari negara Amerika, Bangladesh, Myanmar, Malaysia, Rusia, dan Sri Lanka.

Keterlibatan TNI AL dalam Latma Milan 2024 ini merupakan bentuk keselarasan dengan kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali guna meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit matra laut serta sebagai wujud peran diplomasi TNI AL dalam menjaga stabilitas keamanan laut dunia.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.