Rangsang Ide Kreatifitas Para Taruna dan para Siswa Serta Masyarakat, Kodam III/Siliwangi Pamerkan Inovasi Teknologi Terapan

Kodam Siliwangi934 Dilihat

OKEBUNG|
Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo membuka pameran inovasi teknologi terapan yang diikuti oleh Satuan jajaran Kodam III/Slw dalam rangka On the Job Training (OJT) Taruna Akmil yang digelar di sepanjang taman Pule Kodam III/Siliwangi Jalan Aceh No. 69 Kota Bandung, Jabar, Kamis (12/01/2023)

Pada pameran tersebut ditampilkan berbagai inovasi karya Pangdam dan prajurit Kodam III/Slw serta siswa SMK, Politeknik dan instansi pemerintah di Kota Bandung. Pameran inovasi teknologi digelar selama 2 hari, tanggal 12 s.d.13 Januari 2023 dan terbuka bagi umum.

Menurut Pangdam, pameran yang digelar saat ini merupakan yang kedua kali dalam kegiatan OJT Taruna. Namun, muatan dalam tiap stand pameran saat ini menampilkan berbagai inovasi baru serta penyempurnaan dari produk sebelumnya.

Lebih lanjut Pangdam mengatakan akan berupaya membantu mendapatkan hak intelektual prajurit sehingga bisa didaftarkan untuk mendapatkan hak paten melalui kerjasama dengan Kanwil Kemenkumham.

Terkait pengembangan inovasi teknologi, Pangdam terus memacu para prajurit untuk bisa mencari alternatif solusi dari persoalan yang mungkin belum didapatkan jalan keluarnya dengan membangun komunikasi melalui metode-metode produktif juga solutif.

“Prajurit dituntut untuk selalu berinovasi, dan selalu mengikuti tren perkembangan global, regional dan nasional serta saling bertukar ilmu pengetahuan dan teknologi yang terintegratif,” ujarnya.

Sementara itu Inovasi Pangdam III/Siliwangi yang ditampilkan pada pameran tersebut diantaranya Bios 44 DC, Filter Air Nusantara, Alat Deteksi Banjir, Alat deteksi dan penghancur musuh, Alat pembakar sampah, bom pemadam api, motor nikuba dan Modifikasi kendaraan Buggy.

Beberapa inovasi dari satuan jajaran Kodam III/Slw yang ditampilkan pada pameran tersebut merupakan teknologi terapan yang dapat digunakan dalam melaksanakan tugas satuan, juga dapat dimanfaatkan dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Pendam III/Siliwangi).