Rapat Audensi Meningkatkan Posyandu Flamboyan Dihadiri Danramil 08/Bangun Kodim 0207/Simalungun

Simalungun  |  Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Simalungun mengadakan pertemuan lintas Sektor Pokjanal (Kelompok Kerja Operasional) dan Pembinaan Posyandu Tahun 2024, dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Komandan Koramil (Danramil) 08/Bangun Kapten Inf Suheri beserta 1 orang anggota Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 08/Bangun jajaran Kodim 0207/Simalungun turun kewilayah binaan untuk turut serta melaksanakan kegiatan Rapat Audensi mengenai tingkatan Posyandu Flamboyan Asrama Korem 022/PT, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Kantor Pangulu Nagori Siantar Estate Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, Sabtu (06/01/2024).

Dalam pelaskanaan kegiatan Rapat Audensi mengenai tingkatan Posyandu Flamboyan Asrama Korem 022/PT tersebut turut serta dihadiri oleh, Camat Siantar Drs Henry Butar-butar, Pasi Bhakti Korem 022/PT Kapten Inf Khairul Hadi, Danramil 08/Bangun Kapten Inf Suheri, Pangulu Siantar Estate Ibu Juliani Saragih, Kapuskes Rambung Merah Boru Sonang S Keb, Bidan Desa Roulina AmKeb, Ibu-ibu PKK dan Ibu-ibu Kader Posyandu.

Menurut Danramil pertemuan yang dilaksanakan ini membahas terkait penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat sekaligus memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi. “Peningkatan kulitas kesehatan harus terus di perjuangkan dan pembangunan kesehatan harus dilakukan melalui upaya kesehatan secara konfrehensif yang mencakup, peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit, pengobatan serta pemulihan penyakit,” kata katanya.

Ia juga menerangkan, Pokjanal dan pembinaan Posyandu adalah mengemban tugas dan fungsinya saling berkaitan. Dalam pembinaan penyelenggaraan Posyandu yang berkedudukan dipusat, provinsi, Kabupaten/Kota atau pun kecamatan.

Harapanya, dengan adanya pertemuan ini terwujudnya optimalisasi peran dan fungsi Posyandu melalui peningkatan kapasitas kelembagaan dengan tujuan lebih meningkatkan cakupan dan lintas sektor dalam pelaksanaan Posyandu dengan tiga aspek manajemen diantaranya, Aspek program, Aspsek kelembagaan dan Aspek personil.