Rapat Pembentukan Pos Kamling Dinagori Sei Merbau Dihadiri Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun

Simalungun  |  Babinsa hadir dalam rapat pembentukan Pos Kamling sebagai wujud komitmen TNI dalam mendukung warga dalam menjaga keamanan lingkungan desa. Pos Kamling atau Pos Ronda Lingkungan adalah pos pengawasan dan pengamanan yang dibentuk oleh warga untuk menjaga keamanan di lingkungan sekitar mereka. Kehadiran Babinsa dalam rapat ini menggambarkan kerjasama antara TNI dan masyarakat serta menegaskan peran Babinsa dalam menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat di wilayah binaannya. Mereka turut serta dalam pembentukan Pos Kamling dengan tujuan untuk membina masyarakat dan bertugas dalam pelatihan, pengawasan fasilitas dan prasarana Hankam di pedesaan, serta memberikan laporan tentang kondisi sosial di pedesaan secara berkala.

Dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 07/Bosar Maligas jajaran Kodim 0207/Simalungun Sertu Candra Alpian turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Rapat membentuk Pos Kamling dalam rangka mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan dan kenyamanan, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Nagori Sai Merbau Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun, Selasa (30/01/2024).

Dalam pelaskanaan kegiatan tersebut turut serta dihadiri oleh, Pengulu Nagori Sai Merbau Bapak Lasimen, Bhabinkamtibmas Ujung Padang Aipda Surya Admaja dan Perangkat Desa Nagori Sai Merbau.

Babinsa Sertu Candra Alpian mengatakan kegiatan ini dalam rangka rapat pembentukan pos Ronda /siskamling di Desa menjelang pilkades yang di laksanakan oktober mendatang tentunya menjaga keamanan dan ketertiban warga. Untuk menciptakan ketentraman, ketertiban dan keamanan di lingkungan, pos Ronda harus di buat di setiap Dusun dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas melalui koordinasi kepala desa setempat selaku pengendali pos ronda /siskamling. Melalui rapat pembentukan pos ini diharapkan seluruh kk Desa akan semakin mantap dan menjadi lebih baik dalam menjalankan tugas taggung jawabnya dalam menjaga stabilitas keamanan lingkungan Khususnya di Nagori Sai Merbau. Rapat pembentukan Pos Kamling biasanya dilakukan untuk membahas rencana pendirian pos kamling, koordinasi antara Babinsa, kepala lingkungan, dan warga, serta pembagian tugas penjagaan pos kamling. Kehadiran Babinsa dalam rapat ini menunjukkan komitmen TNI dalam mendukung warga dalam menjaga keamanan lingkungan. Hal ini sejalan dengan upaya TNI dalam menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat di wilayah binaannya .