Rayakan HUT Armada, Lanal Yogyakarta Gelar Pembekalan SAR di Pantai Sadeng

TNI AL38 Dilihat

OKEBUNG | Pangkalan TNI AL (Lanal) Yogyakarta menyelenggarakan pembekalan SAR, kesehatan dan keselamatan kerja di Pelabuhan Perikanan Pantai Sadeng, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta. 

Kegiatan yang digelar pada Kamis, 1 Desember 2022 itu, bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi DI Yogyakarta. Adapun sasaran pembekalan ialah generasi muda anggota Penegak Saka Bahari DIY agar mereka memahami tentang pentingnya SAR, kesehatan dan keselamatan kerja. 


Komandan Lanal Yogyakarta Kolonel Laut (KH/W) Damayanti, SH, MM, CHRMP melalui Paspotmar Lanal Yogyakarta Mayor Laut (K/W) Herlin Hestiowati, A.Md kegiatan ini digelar dalam rangka peringatan HUT Armada RI ke-77 tahun 2022.

Dikatakannya, pembekalan kepada generasi muda khususnya anggota Penegak Saka Bahari DIY tentang pentingnya SAR, Kesehatan dan Keselamatan Kerja agar dapat memahami. 

“Sekaligus kita membentuk dan menciptakan relawan yang tangguh, cerdas dan ikhlas, serta semakin dapat meningkatkan sinergitas yang baik dan berkesinambungan antara TNI AL, SAR DIY dan Dinkes DIY,” kata Mayor Laut (K/W) Herlin Hestiowati. 


Yang lebih penting sambungnya, adalah dapat menambah pengetahuan dan kemampuan mereka di bidangnya. Serta mengerti pentahapan atau prosedur safety, sehingga memudahkan melakukan pertolongan terhadap korban terdampak musibah kecelakaan di air khususnya di perairan pesisir pantai Yogyakarta.

“Kegiatan ini salah satu program Bintahwil sebagai tindak lanjut program Staf Potensi Maritim Angkatan Laut (Spotmaral) sesuai perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono agar TNI Angkatan Laut senantiasa bermanfaat bagi masyarakat sekitar khususnya generasi muda,” jelasnya. 

Adapun pemateri pada kegiatan tersebut terdiri dari Staf Potmar (Spotmar), Danposal Sadeng dan BK (Balai Kesehatan) Lanal Yogyakarta. (Muz) 

Sumber : Penlanal Yogyakarta