SAMAPTA AWAL PASIS SESKOAL

TNI AL164 Dilihat

TNI AL Seskoal , 05 Maret 2024.

Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Danseskoal), Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr., (Han)., M.Tr. Opsla., CHRMP., meninjau pelaksanaan test kesamaptaan jasmani bagi 183 Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal Angkatan ke-62 TA 2024. Kegiatan ini bertempat di Lapangan Arafuru Seskoal Cipulir, Kebayoran Lama Jakarta Selatan. Selasa (05/03/24).

Rangkaian test kesamaptaan jasmani tahap awal ini meliputi Baterai A, yaitu lari selama 12 menit, Baterai B terdiri dari pull up, push up, sit up dan shuttle run, dan Batrey C renang sejauh 50 meter ini. Uji samapta ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kondisi dan kebugaran fisik yang dimiliki Pasis dalam melaksanakan pendidikan.

Komandan Seskoal sebelum pelaksanaan samapta ini menyampaikan “Disamping penilaian dalam bidang akademis serta kepribadian, kesamaptaan jasmani juga menjadi faktor penilaian bagi para Perwira Siswa dan hasil dari tes ini nantinya akan dijadikan sebagai bahan laporan serta evaluasi untuk pelaksanaan samapta tahap kedua serta tahap akhir. Kesemuanya itu merupakan persyaratan untuk memperoleh kelulusan” Ungkap Danseskoal.

Test Kesamaptaan Jasmani ini akan dilaksanakan sebanyak 3 kali, guna mengetahui sejauh mana kondisi dan kebugaran fisik yang dimiliki para Pasis dalam menjalani pendidikan. Danseskoal juga berpesan agar para Pasis melaksanakan tes samapta awal dengan sungguh-sungguh, namun tetap memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan.