Sambil Menyelam Minum Air, Satgas Yonif Raider 142/KJ Lakukan Anjangsana Dapat Ilmu Cara Membuat Atap Rumbia

OKEBUNG|
Satgas Yonif Raider 142/KJ yang dipimpin oleh Kapten Inf Kosni Jamer kembali melaksanakan kegiatan anjangsana ke rumah tokoh Adat yaitu Ondo Elis demi mempererat tali silaturahmi dengan masyarakat kampung Bruto, Distrik Dekay, Papua Pegunungan Tengah, Rabu (09/11/2022).

Danpos Kekey Satgas Yonif Raider 142/KJ Kapten Inf Kosni Jamer menuturkan bahwa kegiatan anjangsana ini merupakan upaya untuk terus mempererat tali silaturahmi dengan masyarakat, yaitu dengan berkunjung ke rumah tokoh Adat yaitu Ondo Elis. “Pada saat berkunjung, kita mendapati Ondo Elis sedang membuat atap dari Daun Rumbia, dimana kita tetap disambut baik dan penuh ramah oleh beliau,” katanya.

“Sambil menyelam minum air disinilah kita mendapatkan ilmu setelah mengobrol, dimana Ondo Elis mengajarkan kepada kita semua personel satgas tata cara membuat atap dari daun Rumbia,” ucap Danpos Kekey.

Kapten Inf Kosni Jamer menjelaskan, personel diperlihatkan terlebih dahulu oleh beliau, mulai dari memilih kayu penyangga diusahakan kayu pinang, memilih daun yang luas dan lebih tua, memilih rotan yang dipotong tipis menyerupai benang untuk menyambung daun rumbia. “Lalu kita anyam masing-masing daun tersebut dengan rapat dan penuh kerapian,” ujarnya.

Dari semua contoh yang dilakukan oleh Ondo Elis, personel pun mempraktekkan semuanya sambil diperhatikan oleh Ondo Elis, agar pembuatan atap Rumbia tidak dilakukan berulang kali dan tampak rapi. “Kami selaku Satgas mengucapkan terima kasih, atas ilmu yang diberikan oleh Ondo Elis, ini sangatlah berguna bagi kami,” ungkap Danpos Kapten Inf Kosni Jamer

Sementara itu, Ondo Elis mengungkapkan dirinya sangat berterima kasih kepada Personel Pos Kekey yang berkunjung ke rumahnya. “Terima kasih atas perhatian satgas kepada kami, sedikit ilmu dari Ondo semoga berguna. Sambil tersenyum Ondo bersama personel Satgas,” ucapnya.

Pen satgas Yonif Raider 142/KJ