Sambut Bulan Ramadhan, Babinsa Peureulak Bersama Warga Bersihkan Pemakaman Umum

Kodam IM37 Dilihat

OKE BUNG|

Aceh Timur – Babinsa Koramil 04/Peureulak Kodim 0104/Atim Koptu Bambang bersama masyarakat melaksanakan gotong royong pembersihan tempat pemakaman umum (TPU) yang terletak di Desa Lhok Dalam, Kecamatan Peureilak, Kabupaten Aceh Timur, Minggu (12/03/2023).

Kegiatan gotong royong pembersihan TPU tersebut merupakan salah satu tradisi masyarakat setempat dalam menyambut datangnya bulan suci ramadhan yang nantinya akan dikunjungi oleh warga untuk melaksanakan jiarah.

Menurut Koptu Bambang, gotong royong TPU ini sudah menjadi tradisi atau kebiasaan di tengah warga, setiap memasuki Bulan Suci Ramadhan kita bersama warga membersihkan makam keluarga.

Dalam kegiatan itu kita juga bisa saling bersilaturahim dan bahkan saling berbagi cerita dengan warga lainnya, karena semua kalangan ikut membaur bergotong royong baik kalangan ibu, anak, pemuda, tokoh adat dan tokoh agama.

“Kita sangat mengapresiasi semangat warga yang sangat antusias berbondong-bondong mendatangi pemakaman keluarga dan pemakaman umum membawa peralatan, seperti cangkul dan sapu untuk membersih pekuburan”, ungkap Babinsa.

Adapun kegiatan gotong royong kali ini kita fokus membersihkan ruput liar dan ranting pohon yang tumbuh sekitar pemakaman sehingga nantinya terlihat bersih, nyaman dan indah.

Lanjutnya, Koptu Bamabang berharap agar tradisi ini tetap dipertahankan guna membangun kebersamaan, kesadaran, maupun meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan baik sarana dan fasilitas lainnya agar tetap bersih dan nyaman, tutupnya.