Sambut Bulan Suka Cita, Satgas Yonif 405/SK Bakar Batu

TNI Polri35 Dilihat

OKEBUNG | Salah satu tradisi kearifan lokal warga Distrik Tembaga Pura, Kabupaten Mimika, Papua yang yang masih terus dilestarikan hingga sekarang ialah bakar batu.

Nah, guna menyambut Hari Raya Natal, prajurit Pos Aroanop Satgas Yonif 405/SK Kolakops Korem 174/ATW bersama masyarakat melaksanakan tradisi bakar batu tersebut di Lapangan Omponi, Distrik Tembagapura, Kab. Mimika, pada Kamis (1/12/22) lalu.


Danpos Aroanop Satgas Yonif 405/SK Letda Inf Tukiran dalam rilisnya mengatakan, kegiatan bakar batu dimulai dengan memasak daging dan sayuran hasil bumi dengan cara dibakar di atas batu. Setelah itu, dilanjutkan ibadah dan makan bersama.

Kepala Kampung Aroanop, Deteminus Beanal, para tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat, prajurit Satgas Yonif 405/SK serta masyarakat Kampung Aroanop, Anggigi dan Omponi, hadir langsung di acara ini.

“Acara bakar batu digelar di lapangan Ombani, sekitar 75 meter di depan Pos Satgas Yonif 405/SK. Kegiatan ini rutin dilakukan oleh masyarakat setiap tahunnya untuk menyambut perayaan Natal yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 Desember nanti,” ujar Letda Inf Tukiran.


Danpos menambahkan, dengan memegang teguh tradisi serta menjaga kearifan lokal, pihaknya eratkan persaudaraan dan tingkatkan kebersamaan dengan masyarakay setempat.

“Acara ini berjalan lancar, aman, tanpa ada kendala dan gangguan apapun,” katanya.

Sementara itu tokoh masyarakat Moesos mengungkapkan, tradisi bakar batu ini sebagai rasa syukur, rasa kebersamaan dan kekeluargaan mengawali bulan Desember yang dimaknai sebagai bulan kasih.

“Acara bakar batu dan perayaan Natal setiap tahun memiliki arti yang banyak, antara lain perasaan suka cita, kedamaian dan pengharapan keselamatan,” jelas tokoh masyarakat satu ini. (Muz)

Sumber : Pendam IV/Diponegoro