Satdik 1 Kodiklatal Sambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H Penuh Khidmat dan Kekeluargaan

TNI AL139 Dilihat

TNI AL, Kodiklatal, Surabaya, 10 April 2024

Sambut hari kemenangan usai menjalankan Ibadah Puasa 1 bulan penuh, Komandan Satuan Pendidikan (Satdik) 1 Kodiklatal Tanjung Uban, Kolonel Laut (P) I Gede Merta Yasa beserta seluruh Personel dan Siswa Satdik 1 Kodiklatal merayakan hari kemenangan dengan penuh khidmat dan kekeluargaan di Mako Satdik 1, Jl. Diponegoro No. 43, Tanjung Uban, Bintan Utara, Kepulauan Riau. Sabtu (10/4/2024).

Selama bulan suci Ramadhan selain mengikuti materi pendidikan, Siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan XLIV Tahun 2024 yang beragama Islam juga melaksanakan kewajiban ibadah yang dilaksanakan di bulan Ramadhan, Makan sahur, Buka Puasa Bersama, Sholat Tarawih Bersama, Menunaikan Zakat, Takbiran Bersama, Sholat Idul Fitri dan Halal Bihalal. Seluruh kegiatan tersebut ditutup dengan kegiatan ramah tamah yang berjalan dengan khidmat dan penuh suka cita.

Lima hari sebelum Idul Fitri, Siswa melaksanakan ibadah Zakat Fitrah yang diwakilkan oleh Kadep Pers dan disalurkan kepada Masjid serta Musholla yang berlokasi di sekitar Satdik 1. Selanjutnya Satu Hari sebelumnya dilaksanakan Takbiran Bersama Satdik 1 yang diikuti Personel dan Siswa Satdik 1 yang beragama muslim dengan suka cita dan rasa syukur menyambut hari kemenangan.

Sementara itu Sholat Ied diikuti oleh Siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angatan XLIV Tahun 2024 yang memeluk Agama Islam. Selain itu juga hadir mengikuti Sholat Ied bersama yakni Wakil Komandan (Wadan), Kadeplog, Kadep Pers, Kapok Gadik, Dansesarmil, Ka Akun dan seluruh Personel Satdik 1 yang beragama muslim. Sementara itu bertindak selaku Imam sekaligus Khotib yakni H. Kusnan.

Khatib berpesan dalam khutbahnya pentingnya memaknai bulan suci Ramadhan, dengan melaksanakan puasa satu bulan penuh meruapakan momentum untuk seluruh umat muslim belajar akan pentingnya menahan dan menguasai diri dari segala bentuk nafsu yang menjadi bagian integral dalam diri manusia.

“Kemenangan sesungguhnya setelah menjalankan ibadah puasa yakni menjadi pribadi yang dapat menahan serta mengendalikan nafsu dalam diri, sehingga mampu menjadikan/membangun pribadi yang penuh rasa syukur, sabar, ikhlas serta semakin takwa kepada Allah SWT.” Ujar Kusnan.

Seluruh rangkaian kegiatan dapat berlangsung dengan khidmat dan ditutup dengan halal bihalal dan ramah Tamah di loby Mako Satdik 1 Kodiklatal.

Demikian Berita Dinas Penerangan Kodiklatal.