Satgas Pangan Dairi Pastikan Ketersediaan dan Stabilitas Harga Sembako Jelang Idul Fitri

Sidikalang, 4 April 2024 – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Satgas Pangan Kabupaten Dairi menggelar rapat koordinasi untuk memastikan ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok (sembako) di wilayah Dairi.

Rapat yang dipimpin oleh Kabag Ekonomi, Lipinus Sembiring, St., dihadiri oleh Danramil 02/Sidikalang Kapten Inf T Aritonang mewakili Dandim 0206/Dairi, OPD terkait, dan perwakilan distributor sembako.

Danramil 02/Sidikalang Kapten Inf T Aritonang dalam sambutannya menyampaikan bahwa TNI siap mendukung penuh upaya pemerintah dalam menjaga stabilitas harga sembako di pasaran.

“TNI akan selalu bersinergi dengan pemerintah dan seluruh elemen terkait untuk memastikan ketersediaan dan stabilitas harga sembako, khususnya menjelang hari raya,” tegas Kapten Aritonang.

Berdasarkan hasil rapat, secara umum harga sembako di wilayah Kabupaten Dairi masih terpantau normal dan stabil. Namun, untuk beberapa komoditi seperti beras, minyak goreng, dan gula pasir, Satgas Pangan akan melakukan intervensi jika terjadi kenaikan harga yang signifikan.

“Khusus untuk gas LPG dan BBM, stoknya masih aman dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Dairi,” ungkap Rinaldo Pangabean, Kabid Dalwas. “Namun, untuk BBM, perlu diantisipasi peningkatan kebutuhan saat menjelang Idul Fitri.”

Satgas Pangan juga akan melakukan operasi pemantauan harga di Pasar Sidikalang pada hari Sabtu, 6 April 2024.

Hal ini bertujuan untuk memastikan tidak ada pedagang yang menaikkan harga sembako secara tidak wajar.

Rapat Satgas Pangan ini diharapkan dapat meningkatkan koordinasi dan sinergi antar instansi terkait dalam menjaga stabilitas harga sembako di wilayah Kabupaten Dairi, sehingga masyarakat dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan nyaman dan tenang. (Pen0206)