Satgas Yonif 623 Keliling Kampung Untuk Pengobatan Warga di Papua

Maybrat – Personel Kesehatan Pos Kotis Kumurkek Satgas Pamtas Kewilayahan Yonif 623/BWU Sertu Fajar Yudha (Bakes) dan Praka Bayu Sugiarto (Takes) sedang melaksanakan pengobatan keliling dengan cara memantau kesehatan masyarakat di wilayah Kp. Kumurkek, Distrik Aifat, Kab. Maybrat, Papua Barat Daya, Senin (04/03/2024).

Dokter Satgas Yonif 623/BWU Lettu Ckm dr. Timotius Patria Tarigan menjelaskan, pengobatan keliling ini merupakan salah satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan cara mendatangi langsung dan memeriksa kesehatan masyarakat.

Kegiatan ini juga sebagai bentuk pelayanan kesehatan tanpa mengharapkan imbalan apapun kepada masyarakat di segala usia, mulai dari anak-anak hingga lanjut usia.

Tenaga Medis Satgas Yonif 623/BWU di dampingi oleh para personil Satgas Bakes dan Takes lainnya selaku Bintara serta Tamtama kesehatan setempat secara rutin memeriksa setiap pasien dengan cara pemeriksaan fisik secara langsung, memberikan konseling dan penyuluhan singkat terhadap pasien, menentukan diagnosis serta memberikan resep atau obat yang sesuai dengan penyakitnya akibat kurang kepedulian akan kesehatan diri.

Seperti masyarakat Ibu Amelia Tenau (52) dengan keluhan sakit pinggang, Kakak Mince (26) dengan keluhan batuk disertai pusing dan adik Beto (4) dengan keluhan gatal.

Terlihat antusias masyarakat saat didatangi personil satgas dalam pengobatan keliling, ini menandakan bahwa masyarakat sangat membutuhkan pelayanan kesehatan dan masih sangat banyak masyarakat yang mengalami masalah kesehatan, kegiatan ini akan terus kita tingkatkan pada pasien, agar keluhan pasien dapat dicegah untuk mengobati semaksimal mungkin setiap keluhan pasien.