Satuan Jajaran Divif 1 Kostrad Gerak Cepat Tanggulangi Bencana Alam di Cianjur

Kostrad429 Dilihat

OKEBUNG|
Satuan jajaran Divisi Infanteri (Divif) 1 Kostrad bergerak dengan cepat untuk menanggulangi bencana alam gempa bumi yang terjadi di wilayah Cianjur. Selasa (22/11/2022).

Pasca bencana alam gempa bumi yang terjadi di daerah Cianjur Jawa Barat, Divif 1 Kostrad mengerahkan Batalyon Zeni Tempur (Yon Zipur) 9/Lang Lang Bhuwana Divif 1 Kostrad untuk mengirimkan personel dan materil serta Alutsista yang dapat membantu proses evakuasi dan membuka akses jalan pasca bencana, Divif 1 Kostrad juga mengirimkan personel Yonarmed 13 Kostrad untuk melaksanakan pencarian dan proses evakuasi serta mendirikan tenda lapangan yang akan digunakan oleh para korban yang terdampak.

Selain itu, Divif 1 Kostrad juga telah mengirimkan Batalyon Perbekalan dan Angkutan (Yonbekang) 1/Tri Bakti Yudha dalam rangka pembuatan dapur lapangan (Durlap) beserta dengan para personel dan perlengkapan yang siap sesuai tugas dan tanggung jawabnya.

Sementara itu, Batalyon Kesehatan (Yonkes) 1/Yudha Krida Husada sudah disiagakan untuk sewaktu-waktu bergerak dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak bencana alam dengan pembuatan Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap).

Gerak cepat penanggulangan bencana alam yang dilaksanakan oleh Satjar Divif 1 Kostrad tersebut merupakan bentuk nyata pelaksanaan salah satu perintah harian Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, yang menyatakan bahwa TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi atas kesulitan rakyat. (Penkostrad).